Bentuk dan Bina Kader Menwa Agar Disiplin Tinggi Baik Lahir dan Batin

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Resimen Mahasiswa (Menwa) mengadakan Pra Pendidikan Dasar Militer angakatan XLI yang mengusung tema Membangun Jiwa Militan dengan Loyalitas dan Dedikasi Tinggi, bertempat di Lapangan Futsal Kampus I IAIN Metro, Jum’at (01/11).

Turut hadir Wakil Rektor I, Suhairi, yang sekaligus membuka acara, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) IAIN Metro , Tanzili, tamu undangan dari Kepala Polisi Resort (Kapolres) Metro yang diwakili oleh Polisi Sektor (Polsek) Metro Timur, Komandan Distrik Militer (Dandim) Komando Distrik Militer (Kodim) 0411 Lampung Tengah yang diwakili oleh Perwira Seksi Operasional (Pasiops), Kepala Staf Komando Menwa Lampung, Siswa-siswi SMA Taruna Gajah Kota Metro dan MAN 1 Kota Metro, Perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan UKK, Serta dari jajaran senior Menwa.

Kegiatan ini merupakan Pra Pendidikan Dasar Militer yang rutin diselenggarakan oleh UKK Menwa. Diikuti oleh 25 peserta, yang berasal dari IAIN Metro, Institut Agama Islam (IAI) Agus Salim, Universitas Muhammadiyah Metro (UMM), serta Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Metro, Dharma Wacana Metro, yang akan berlangsung selama 3 Hari, yakni 1-3 November 2019.

Dalam agendanya, pada hari pertama diisi beberapa materi tentang kemenwaan, pengenalan senjata yang salah satunya adalah mengenal senjata tembak menembak, serta materi tentang Cara, Etika dan Peraturan umum Dinas dalam, yang Ada di UKK Menwa. Hari kedua UKK Menwa bekerja sama dengan Kodim kota Metro untuk melatih kedisiplinan dan loyalitas para siswa itu sendiri, untuk di hari terakhir yakni latihan tembak menembak dan lempar pisau.

Dewi Trilia, Ketua Pelaksana Menuturkan acara ini bertujuan untuk membentuk dan membina kader-kader sebagai sarana pembekalan dan perkenalan antara anggota, mempersiapkan generasi muda secara fisik maupun mental agar memiliki disiplin tinggi baik lahir dan batin, serta mempersiapkan generasi muda sebagai bagian anggota masyarakat yang terpelajar.

“Tanpa Loyalitas kekeluargaan itu tidak bisa dibentuk, dengan adanya Loyalitas semua itu bisa berjalan”, jelasnya.

Dyah Dwi Sri lestari, peserta mengatakan Menwa ini sangat luar biasa Karena mereka bukan hanya sebagai tentara pelajar saja, tetapi juga sebagai pengurus diantara untuk orang-orang yang ada didalam kampus untuk keamanan baik secara Nasional ataupun tidak Nasional.

“Semoga Menwa bisa lebih baik lagi, bisa sinkronisasi antara UKM-UKM yang lain, serta bisa membantu semua UKM yang Ada”, Katanya saat diwawancarai Kronika.

(Reporter/Novia/Amel)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0