Khasiat Tumbuhan Pegagan Bagi Kesehatan

Pegagan (Centella Asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, yang tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia, kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Selain pegagan nama lain tanamana ini adalah peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu, atau Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), pigago (Minang), dan daun tapak kudo (solok).

Pegagan merupakan tanaman herbal tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai. Pegagan memiliki beberapa jenis, diantara jenis pegagan yang sering dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau.

Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang, tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek). Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpai di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi.

Ada empat jenis tanaman yang menyerupai pegagan yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.
Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit misalnya keloid, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.Berikut ini beberapa manfaat tumbuhan pegagan untuk kesehatan :

  1. Pengobatan tradisional dan kontemporer
  2. Mengurangi kecemasan
  3. Mempercepat penyembuhan luka
  4. Antioksidan
  5. Menyembuhkan kusta
  6. Analgesik
  7. Anti inflammatory
  8. Anti septik
  9. Menstimulasi perdaraan darah
  10. Mempengaruhi keseimbangan jaringan
  11. Meningkatkan daya ingat
  12. Memulihkan kembali bekas luka
  13. Antisporasis
  14. Anti agregasi platelet
  15. Anti trombosis
  16. Mengobati lepra, gangguan perut dan rematik, dll.

Manfaat daun pegagan untuk saraf otak:

  1. Meningkatkan IQ,
  2. Meningkatkan kemampuan mental,
  3. Menanggulangi lemahnya mental pada anak-anak
  4. Bermanfaat bagi anak-anak penderita attention deficit disorder (add) yang merupakan salah satu tanda adanya autisme pada anak
  5. Mempunyai efek relaksasi pada sistem saraf yang overaktif
  6. Memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh-pembuluh otak.

Manfaat lain daun pegagan yaitu :

  1. Meningkatkan ketahanan daya tubuh
  2. Antistress ringan
  3. Menstimulasi pertumbuhan kuku dan akar rambut
  4. Menyembuhkan penyakit korela
  5. Menyembuhkan batuk bronchitis
  6. Menyembuhkan asma dan gangguan ginjal

Tanaman ini juga memiliki potensi sebagai sumber bahan pengobatan terhadap anti penyakit yang disebabkan tujuh jenis bakteri Rhizobacter spharoides, Escherichia coli, Plasmodium vulgaris, Micrococcus luteus, Baccillus subtilis, Entero aerogenes dan Staphyllococcus aureus.
Penulis: Bagas

Sumber :

38 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Daun Pegagan Atau Antanan Untuk Kesehatan Tubuh