WCD Metro Gandeng Beberapa Komunitas Bersihkan Bantaran Aliran Sungai

World CleanUp Day (WCD) Metro mengadakan pembersihan sampah plastik di sekitar bantaran aliran bertepatan dengan hari bersih-bersih sedunia. Bertempat di Perbatasan 21–Lampung Timur, Sabtu (18-09-2021).

 

Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Eka Irianta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro, Rochmat, dan 50 relawan.

 

WCD tahun ini menggandeng komunitas yang ada di Kota Metro. Di antaranya My Trip My Advanture (MTMA) Kota Metro, Rumah Baca Fathi Nadia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Metro, Komunitas Bersinergi Metro, Karang Taruna Yosodadi, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I) IAIN Metro.

 

Eka Irianta, DLH Kota Metro, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada WCD Kota Metro. Menurutnya meski sampah terdengar tidak mengenakkan, tetapi perlu disadari sampah dapat menghasilkan uang apabila dikelola dengan bijak.

 

“Sampah itu kalo kita lihat memang tidak mengenakkan namun ada orang yang hidup dari sampah,” tuturnya.

 

May Sarah, Ketua WCD Kota Metro, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar. WCD merupakan salah satu aksi bersih-bersih yang diadakan serentak di dunia. Namun, di Indonesia WCD mulai diadakan pada tahun 2018.

 

“Di Kota Metro WCD pertama kali diadakan pada tahun 2019 dan kembali ikut serta di tahun 2021, sebab pada tahun 2020 tidak ikut serta dikarenakan adanya pandemi,” ungkapnya.

 

Yoga Ulya, Relawan ACT, memberikan apresiasi atas kegiatan hari ini kepada relawan yang terlibat. Menurutnya melalui WCD kali ini dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan diri sendiri. Sehingga ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin.

 

Ihsan Adi Putra, Relawan Karang Taruna Yosodadi, mengatakan bahwa melalui kegiatan bersih-bersih bersama dapat memacu anak muda untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Khususnya terhadap sampah-sampah yang berserakan.

 

“Karena dengan sampah yang terjaga akan melestarikan atau menjaga lingkungan hidup kita juga,” ungkapnya.

 

(Reporter/Hesti/Maya)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0