Kronika

IAIN Info Kro n Ika Laporan Utama Metro Ormawa PBAK

IAIN Metro Beralih ke BSI untuk Pembayaran UKT Mahasiswa Baru

  • Agustus 23, 2024
  • 2 min read
  • 83 Views
IAIN Metro Beralih ke BSI untuk Pembayaran UKT Mahasiswa Baru

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro telah melakukan perubahan signifikan pada sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa baru. Mulai tahun akademik ini, IAIN Metro resmi mengubah Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai mitra pembayaran utama, menggantikan sistem pembayaran sebelumnya yang menggunakan BRI Virtual Account (BRIVA) pada Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jumat (22/09/2024).

Keputusan untuk beralih ke BSI ini dikonfirmasi langsung oleh Tursayekti, selaku pihak yang bertanggung jawab atas keuangan di IAIN Metro. Menurut Yekti, perubahan sistem pembayaran ini berlaku khusus untuk mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPKTIN) dan Jalur Mandiri. Sementara itu, mahasiswa baru jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam NegerI (SPAN-PTKIN)  tetap menggunakan sistem pembayaran melalui BRI.

Perubahan ini sejalan dengan kerja sama yang telah terjalin antara IAIN Metro dengan BSI. “Kami berharap dengan adanya kerja sama ini, proses pembayaran UKT dapat menjadi lebih mudah dan efisien bagi mahasiswa,” ungkapnya pada kronika pada (Kamis.22/08/24).

Meskipun perubahan sistem pembayaran ini terbilang baru, pihak IAIN Metro masih terus melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa sistem yang baru ini benar-benar memberikan kemudahan bagi mahasiswa. “Kami akan terus mencari sistem pembayaran yang paling efektif dan efisien untuk mahasiswa,” tambah Yekti.

Tujuan utama dari perubahan sistem pembayaran ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam melakukan pembayaran UKT. Selain itu, perubahan ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses pembayaran dan memperkuat kerja sama antara IAIN Metro dengan lembaga perbankan.

Pihak IAIN Metro berharap bahwa dengan adanya perubahan sistem pembayaran ini, seluruh mahasiswa dapat merasakan manfaatnya. Diharapkan pula, sistem pembayaran yang baru ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala

Baca Juga:  Buntut Panjang PPL, Mahasiswa KPI Angkatan 2019 Gelar Audiensi dengan Warek I

Tanggapan datang dari Lidya, Calon Mahasiswa Baru (Cmaba) jalur mandiri, membagikan pengalaman positifnya terkait pembayaran UKT. Ia merasa sangat terbantu dengan proses pembayaran yang lancar, terutama karena langsung mendatangi kantor cabang BSI. “Petugas keamanan bank pun memberikan petunjuk yang jelas sehingga proses pembayaran dapat diselesaikan dengan cepat,” ungkapnya.

Namun, ia  menyarankan agar link pembayaran yang disediakan dapat diperbaiki secara berkala, mengingat adanya kendala teknis seperti link yang kadang-kadang mengalami gangguan.”
terangnya saat dihubungi kronika via whatsaap (22/08).

(Reporter/Utami)
(Foto/Azis)

Bagikan ini:
About Author

Redaksi Kronika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *