Kronika

Aktual

Pengukuhan Mahasiswa Baru IAIN Metro, Anna Morinda : Jangan Jadi Mahasiswa Yang Keluar Kosan Tanpa Tahu Apa-Apa

  • Agustus 10, 2018
  • 3 min read
  • 74 Views
Pengukuhan Mahasiswa Baru IAIN Metro, Anna Morinda : Jangan Jadi Mahasiswa Yang Keluar Kosan Tanpa Tahu Apa-Apa

Setelah mengikuti rangkaian PBAK pada 6-9 Agustus 2018 lalu, hari ini Mahasiswa Baru (Maba) IAIN Metro resmi di kukuhkan dengan pemotongan pita untuk menerbangkan balon oleh Wakil Rektor III sebagai simbolis. Pengukuhan dilaksanakan di halaman depan Gedung Rektorat,Jumat (10/08).

Acara ini dihadiri oleh Rektor IAIN Metro, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala Biro, Ketua DPRD Kota Metro, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, serta civitas akademika IAIN Metro lainnya.

Pengukuhan ini tidak bersifat seremonial, sebanyak 1905 maba resmi dikukuhkan. “Sebenarnya mahasiswa baru itu berjumlah 2065 sedangkan yang mengikut PBAK itu hanya 1905. PBAK itu wajib bagi mahasiswa maka mahasiswa yang tidak mengikuti PBAK tahun ini masih diperbolehkan mengikuti PBAK tahun depan atau tahun berikutnya,” jelas Ida Umami, Wakil Rektor III.

Namun, dari 1905 mahasiswa yang mengikuti pengukuhan ini terdapat 19 orang mahasiswa lama. “Ada 19 orang mahasiswa lama yang ikut. Mereka yang tidak ikut PBAK tahun lalu rata-rata tidak mengikuti pembekalan yang ada,” jelas Haris Setiaji.

Enizar, Rektor IAIN Metro mengharapkan agar mahasiswa baru mampu menjadi motivasi bagi teman-temannya yang tidak mendapat kesempatan untuk duduk di bangku perkuliahan. “Mudah-mudahan tidak hanya berdampak pada ekonomi saja tapi juga bisa memberi warna, memberikan motivasi memberikan bimbingan kepada kawan-kawan yang tidak mendapat kesempatan untuk duduk dibangku perkuliahan,” lugasnya.

Ida Umami pun berharap, “Setelah dikukuhkan mahasiswa baru dapat mengikuti seluruh prosedur akademik,” Pungkasnya.
Selain itu, Anna Morinda Ketua DPRD Kota Metro mengatakan, “Kalian adalah penerus generasi bangsa, saya sungguh mengharapkan mahasiswa di hadapan saya ini bukan hanya mahasiswa yang keluar dari kosannya kemudian kuliah dan kembali lagi tanpa tahu apa yang diterimanya dari kuliah, tetapi mahasiswa yang keluar dari kosannya dengan semangat penuh untuk memastikan seluruh cita-citanya dan seluruh doa orangtuanya dicapai tepat pada waktunya bukan sekedar lulus tetapi lulus tepat pada waktunya,” ujarnya.

Baca Juga:  Siapa Ketua STAIN?

Dalam sambutan Walikota Metro yang diwakilkan kepada Kepala Disdikbud Kota Metro, ia meminta untuk bersama-sama menjauhi Narkoba, “Saya minta kepada adik-adik mahasiswa/i sekalian untuk senantiasa terus belajar dan berusaha bersungguh-sungguh, tanamkan cita-cita sejak dini. Bersama-sama menjauhi narkoba dan menyatakan perang terhadap narkoba karena narkoba dapat merusak segalanya,” ujarnya.

Mahasiswa baru cukup senang dan berantusias dalam mengikuti kegiatan pengukuhan ini. Seperti yang disampaikan oleh Ali Imron mahasiswa baru jurusan Kpi, “Perasaannya senang, karena kemarin-kemarin masih dipanggil calon mahasiswa (cama) sekarang udah enggak,” ungkapnya. Ia juga berharap agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Berbeda dengan Ayu Irmayani (Esy/I) mengharapkan, “Bisa jadi mahasiswa yang teladan, baik, patuh dengan peraturan, takwa kepada Allah SWT, dan istiqomah dalam segala hal,” ujarnya.(Reporter/Dewi)

Bagikan ini:
About Author

Redaksi Kronika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *