38°C
30 April 2024
IAIN Mahasiswa

Komisi II Sema-I, Sosialisasi Pedoman Perpustakaan dan Kotak Aspirasi Mahasiswa

  • Juni 16, 2021
  • 2 min read
  • 32 Views
Komisi II Sema-I, Sosialisasi Pedoman Perpustakaan dan Kotak Aspirasi Mahasiswa

Senat Mahasiswa Institut (Sema-I), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pedoman Perpustakaan dan Launching Kotak Aspirasi Mahasiswa. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Metro, Rabu (16/21).

 

Turut hadir Wakil Rektor III, Mahrus As’ad, Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I), Didi Pranata, serta 45 peserta perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), Sema-F, Dema-F, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

 

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Komisi II Advokasi Sema-I, mengingat belum pernah ada sosialisasi terkait Pedoman Perpustakaan. Kegiatan ini diisi langsung oleh As’ad Muzammil selaku Kepala Perpustakaan.

 

Maulia Syafitri, Ketua Komisi II Advokasi, dalam sambutannya mengatakan, tersedianya kotak aspirasi mahasiswa agar memudahkan mahasiswa untuk menyampaikan keluh kesah yang dirasakan, “Tidak hanya menampung aspirasi, namun langsung kami tembuskan kepada orang-orang yang bersangkutan,” ujarnya.

 

Terdapat tiga tahap dalam memproses aspirasi yang diterima. Pertama, pihak lembaga mendengarkan keluh kesah mahasiswa. Kedua mengadakan audiensi secara langsung atau membuat forum untuk menemukan titik terang dari permasalahan tersebut. Terakhir, harus adanya advokasi yang dilakukan Komisi II Sema-I.

 

“Kotak aspirasi ini dipasang di depan kesekretariatan Sema/Dema-I dan disediakan link yang ada dilaman Instagram,” tuturnya.

 

Bayu Prayoga, Ketua Sema-I menegaskan dalam sambutannya bahwa, tugas Sema-I dan Sema-F adalah menyediakan aspirasi mahasiswa di dalam institusi. Memfasilitasi dan memberikan hak-hak mahasiswa yang kurang terfasilitasi baik di organisasi atau pembelajaran.

 

Niken Anggraini, UKM Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) mengungkapkan, adanya kotak aspirasi dapat membantu mahasiswa/mahasiswi untuk mengatakan ketidakpuasannya terhadap pelayanan atau fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus.

 

“Dengan kotak aspirasi online juga mahasiswa masih bisa berpendapat tentang kampus, mengingat pandemi masih ada. Mahasiswa bisa menyuarakan pendapatnya lewat Google Form yang disebar,” tuturnya.

Baca Juga:  Kajur PBA Harapkan Eksistensi dan Potensi Mahasiswa

 

Dzaki Hafidz Zulkifli, UKK Resimen Mahasiswa (Menwa) berharap, agar mahasiswa mulai membiasakan untuk gemar membaca dan datang ke perpustakaan “Karena tadi pada saat sosialisasi banyak sekali mahasiswa yang belum atau tidak pernah ke perpustakaan,” ungkapnya.

 

(Reporter/Amel/Frea)

Bagikan ini:
About Author

Redaksi Kronika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *