UKM JSEC

JSEC (Jurai Siwo English Club) merupakan UKM (Unit Kegiatan Mahasisiwa) yang mendukung salah satu program STAIN Jurai Siwo Metro yakni STAIN sebagai Bilingual Campus. Yang mana JSEC juga memiliki peran dalam mendukungnya karena basic dari JSEC sendiri adalah
komunitas mahasiswa yang ingin belajar dan mengembangkan bahasa Inggris di kampus. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, JSEC melakukan berbagai program sesuai dengan divisi masing-masing agar terciptanya nuansa bahasa Inggris di kampus kita ini.

JSEC memiliki 3 divisi utama yakni language, creativity, dan developing division. Language Division merupakan divisi bahasa yang melatih para anggota JSEC agar dapat mengembangkan skillnya dalam berbahasa. Terdapat beberapa komunitas seperti debate, speech (pidato), scrable, story telling (bercerita dalam bahasa Inggris), dan news casting (baca berita). Komunitas tersebut dibagi untuk para anggota JSEC sesuai minat dan bakat masing-masing yang dilakukan dalam 1 minggu dua kali (Jum’at dan Sabtu) dengan berbagai kegiatan yang melatih kemampuan tiap anggotanya agar member JSEC mampu untuk menunjukkannya baik dikehidupan sehari-hari maupun di berbagai kompetisi. Di samping itu, kegiatan JOE I (JSEC On Earth pertama) pada 1-2 mei lalu merupakan salah satu program rutin dari language division yang memperlombakan berbagai cabang sesuai dengan komunitas-komunitas diatas untuk siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Lampung.

Creativity division merupakan divisi yang mengapresiasikan kreatifitas anak-anak JSEC dengan berbagai program seperti VJ (Voice of JSEC) yang merupakan selebaran bahasa Inggris mengenai JSEC dan kampus, wall magazine (mading), dan lomba menulis dan membaca puisi bahasa Inggris untuk para mahasiswa STAIN. Dan developing division merupakan divisi yang mengadakan berbagai program pengembangan semua anggota JSEC agar terhubung keterikatan emosional antar anggota seperti Learning Class tiap minggunya, dan Out Door Learning Class yang diadakan diberbagai tempat di luar kampus seperti tempat wisata untuk melakukan outbound.
Dan setiap anggota JSEC berhak untuk memilih divisi yang tentunya dinginkan. Namun, dalam prakteknya semua anggota JSEC merupakan keluarga yang tidak terpisah oleh divisi-divisi diatas karena dalam pelaksanaan semua kegiatan selalu bersama-sama yakni oleh semua anggota JSEC.