Kronika

Ceremony Dosen IAIN Info Kabar Kampus Kajian Kampus LPPM Mahasiswa Media Penelitian Pengabdian

Tingkatkan Kompetensi di Bidang Penelitian, LPPM IAIN Metro Gelar Diskusi  dan  Kajian Akademik

  • Juli 9, 2024
  • 2 min read
  • 50 Views
Tingkatkan Kompetensi di Bidang Penelitian, LPPM IAIN Metro Gelar Diskusi  dan  Kajian Akademik

 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa di bidang penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Menggelar Kegiatan Diskusi dan kajian akademik, dengan mengusung tema Langkah dan Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bertempat di Gedung Perpustakaan Bait Al Hikmah Lt.I Kampus II IAIN Metro, Selasa (09/07/2024).

Acara ini dihadiri oleh Dedi Irwansyah,  selaku narasumber, serta segenap dosen IAIN Metro dan 16 mahasiswa. Dalam paparannya Dedi Irwansyah  menyampaikan materi tentang pentingnya analisis data dalam penelitian dan berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis data.

Dalam materinya ia menjelaskan bahwa analisis data merupakan tahap penting dalam penelitian, namun seringkali menjadi kendala bagi para peneliti. “Sekitar 60% kegagalan penelitian terjadi pada tahap analisis data, oleh sebab itu kita perlu memahami makna di balik angka-angka dan kata-kata, dan kemudian menarik kesimpulan yang bermanfaat,” ungkapnya.

Setelah paparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para peserta baik dosen dan mahasisiwa  tampak antusias mengikuti sesi ini dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber.

Tanggapan positif datang dari, Layla Ramadhani, mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI’23). Ia mengungkapkan rasa antusiasmenya terhadap kegiatan ini. “Menurut saya acara ini sudah berjalan dengan lancar dan baik, dan bermanfaat sekali bagi kita yang ingin menulis data penelitian atau ilmiah dan kita jadi mengerti langkah dan teknik analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan benar,” tuturnya.

Ia pun berharap setelah mempelajari materi yang disampaikan oleh narasumber kedepannya dapat menganalisis data penelitian dengan lebih baik di masa depan.

Senada dengan Layla, Reva Kurnisa, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI’23), mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan Diskusi dan Kajian Akademik. “Setelah mengikuti kegiatan diskusi ini, saya merasa mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan mendalam mengenai berbagai langkah dan teknik dalam analisis data baik kualitatif maupun kuantitatif,” ujar Reva.

Baca Juga:  Guna Sterilisasi, Ormawa Diimbau Kosongkan Kesekretariat Sementara Waktu

Reva mengungkapkan bahwa diskusi ini sangat bermanfaat karena memberikan penjelasan rinci tentang proses analisis dari awal hingga akhir, serta contoh konkret penerapan teknik analisis yang berbeda. “Hal ini membantu saya lebih percaya diri dalam mengaplikasikan metode tersebut dalam penelitian saya sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Reva berharap kegiatan diskusi seperti ini dapat diadakan lebih sering dengan fokus pada topik-topik yang lebih spesifik dalam analisis data. “Mungkin, kedepannya, kita bisa mengadakan sesi praktis atau workshop dimana peserta dapat langsung mencoba menganalisis data dengan bimbingan dari para ahli,” harapnya.

Reporter (Kahliya)

Bagikan ini:
About Author

Redaksi Kronika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *