Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi (IKABIM) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan Seminar Digital Marketing, dengan mengusung tema Pengenalan Desain Grafis Sebagai Sarana Peningkatan Nilai Jual Produk Dalam Digital Marketing. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus I IAIN Metro, Senin (10-4-2023).
Turut hadir, Mahrus As’ad, Wakil Rektor III sekaligus membuka acara, Muhammad Yusuf Salah, Ketua Umum IKABIM, Mukhtarullah Hidayatul Khoir selaku Narasumber, serta diikuti 79 peserta.
Kegiatan tersebut bertujuan uuntuk memberikan edukasi kepada mahasiswa agar tidak tertinggal dalam sistem perkembangan teknologi, sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan digital marketing dalam peningkatan nilai jual produk.
Mahrus As’ad, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa digital adalah ilmu dasar dalam kehidupan mendatang, “Dengan adanya digital marketing, mahasiswa dapat belajar tentang komunikasi, dan kolaborasi dalam membangun usaha. Kita akan terlindas jika tidak bisa mengikuti kemajuan digital,” pesannya.
Syaiful Anwar selaku Ketua Pelaksana, menuturkan bahwa digelarnya kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa IKABIM dapat mengetahui tentang desain digital dan marketing, “Tak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai wujud bahwa IKABIM memiliki kegiatan diluar kampus,” ujarnya.
Kemudian, Muhammad Yusuf Sholeh, menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan program yang disusun oleh Departemen Ekonomi IKABIM yang berkolaborasi dengan Departemen Humas Publikasi.
Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pagi seluruh peserta, “Jika lulus nanti, selain mendapatkan ilmu dari bangku kuliah, kita juga memiliki keterampilan lain, seperti desain ataupun bisnis,” tuturnya.
Tanggapan baik datang dari Khoirul Anam, Tadris Biologi (Tbio’20). Menurutnya, kegiatan tersebut sangatlah bagus, karena mahasiswa dapat meningkatkan kulitas dan kemampuannya terutama dibidang marketing melalui kegiatan tersebut, “Karena mahasiswa bisa belajar tentang digital marketing dan bisa mengasah kemampuan mereka dalam bidang marketing,” ungkapnya.
Sama halnya dengan Khoirul, Linda Novita Sari, Perbankan Syariah (PBS’21). Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang cocok untuk diadakan, guna meningkatkan pengetahuan, “Dengan langkah ini dapat menambah pengetahuan tentang pemasaran produk, desain grafis dan cara menambah nilai jual produk dalam digital marketing,” ujarnya.
Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, peserta yang mengikuti akan dapat meningkatkan skill dan pemahamannya dalam membentuk desain grafis dan lebih paham tentang dunia pemasaran.
(Reporter/ Auliya/ Tria)