Daun Pirdot Ragam Manfaat

Terdengar asing tumbuhan pirdot di kalangan masyarakat yang masih awam. Di balik keasingannya tumbuhan ini memiliki beberapa ragam manfaat sebagai obat.

Tanaman ini tumbuh liar di perairairan atau tempat yang lembab. Pirdot (Saurauia bracteosa DC.), dikenal juga dengan nama pirdot (bahasa batak), ki leho (bahasa sunda), lotrok (bahasa jawa), soyogik (bahasa manado).

Merupakan jenis tanaman pionir yang dapat diandalkan dalam merehabilitasi kawasan terdegradasi terutama yang terdapat di dataran tinggi. Tanaman ini memiliki daun berbentuk lonjong-jorong, panjang 18 – 36 cm, lebar 8–18 cm, bergerigi, meruncing di ujung, dan bulat di bagian dasar. Permukaan bawah daun seperti beludru kelabu atau berbulu cokelat, bersisik pada permukaan atas daun remaja, licin pada daun dewasa. Daunnya mempunyai kemampuan dalam mengobati penyakit kanker, diabetes, dan menurunkan kolesterol, karena pada daunnya terdapat aktivitas antioksidan yang tergolong sangat kuat, mengandung senyawa aktif berupa flavonoid, saponin, dan tannin.

Beberapa ragam manfaat dari daun Pirdot yaitu :
1. Menjaga Kesehatan Tenggorokan
Cara membuat ramuan daun pirdot untuk menjaga kesehatan tenggorokan yaitu, siapkan daun pirdot beberapa lembar. Cuci hingga bersih dan rebus bersama air sampai mendidih. Angkat dan minumlah airnya jika sudah hangat.
2. Menjaga Kesehatan Paru-paru
Khasiat daun pirdot dapat mencegah terjadinya penyakit pernapasan tanpa menimbulkan efek samping.
3. Menjaga Kesehatan Usus
Caranya adalah dengan mengonsumsi daun pirdot secara rutin. Untuk mengolah daun pirdot sangat mudah, cukup direbus dan meminum air rebusannya.
4. Mengobati Flu
Dapat mengobati flu dengan cara menggunakan daunnya.
5. Menjaga Kesehatan Syaraf
Manfaat daun pirdot ini juga sangat berguna dalam menjaga sistem syaraf manusia.
6. Mencegah Terjadinya Pendarahan
Cara menggunakannya yaitu siapkan satu lembar daun pirdot, kemudian taruh di atas api hingga layu. Setelah itu tempelkan pada luka dan biarkan hingga pendarahan berhenti.
7. Menjadi Obat Gatal
Jadi untuk kalian yang sedang terserang gatal-gatal, maka bisa menggunakan daun pirdot ini sebagai alternatifnya.
8. Mengatasi Batuk
Cara mengobati batuk salah satunya ialah dengan menggunakan daun pirdot.
9. Mengobati Peradangan
Agar masalah pada peradangan tidak semakin parah, maka segeralah menggunakan daun pirdot sebagai obatnya.
Semoga artikel khasiat dari daun pidrot ini dapat bermanfaat. Jika menemukan daun ini anda bisa langsung mencobanya sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan sendiri ataupun orang lain.

Penulis : Windi

Manfaat Daun Pirdot


https://www.biodiversitywarriors.org/khasiat-daun-pirdot.html

Mengenal PIRDOT, Pohon Penghasil Obat dari Sumatera Utara

5 Manfaat Kesehatan Daun Dewa yang Sayang Untuk Dilewatkan