Alasan Terealisasinya Ruangan Anyar Sema Dema Institut Tahun ini

Pembangunan yang dilakukan IAIN Metro di samping gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini sudah berlangsung sejak 15 Juli 2020. Bangunan ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan Senat Mahasiswa Institut (Sema-I) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I), Rabu (29/07).

 

Tujuan dibangun di samping gedung UKM untuk memudahkan koordinasi dan pengawasan Ormawa. Tri Mujianto, ketua pelaksana pembangunan, mengatakan, “Gedung ini masih bersifat semi permanen, pembangunannya sudah berlangsung dan penyelesaiannya tergantung cuaca,” ujarnya, Kamis (16/07).

 

Ia berharap, semoga bangunan ini dapat difungsikan dengan maksimal, “Jangan sampai dianggurkan, karena pembangunan ini menggunakan dana pemerintah,” harap Tri Mujianto.

 

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Perencanaan IAIN Metro, Mukhtar Hadi, menjelaskan anggaran dari pembangunan ini, “Kalau bicara bangunan dari anggaran pemerintah biasanya kelihatan besar, tapi yang mesti dipahami, di sana ada pajak dan keuntungan yang harus diperhitungkan ke pihak ketiga sebagai pelaksana,” ujarnya pada Selasa (28/07).

 

Dana yang digunakan dalam pembangunan ini adalah dana operasional pemeliharaan gedung dan sarana IAIN Metro, “Pembangunannya direncanakannya tahun ini. Karena dari dana operasional pemeliharaan dan dananya ada di tahun ini, jadi hanya dibebankan di operasional,” kata Dia.

 

“Tidak perlu secara khusus direncanakan pada tahun lalu, karena ruang Sema Dema ini penting, maka kita mintakan ke bagian umum untuk men split dari anggaran operasional,” tambah Mukhtar.

 

“Pembangunan gedung tersebut merupakan hasil audiensi dari Sema Dema yang meminta dibuatkan kantor Institut. Mengingat selama ini ruangan Sema Dema-I masih bergabung dengan Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Metro,” kata Ida Umami, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Metro, Rabu (22/07).

 

Ida Umami merasa senang dan bersyukur adanya bangunan tersebut, “Karena fasilitas yang selama ini tidak ada sekarang sudah ada, sehingga Sema Dema bisa melakukan tugas pokok dan fungsinya, karena selama ini koordinasinya susah,” pungkasnya.

 

Kemudian dari ketua umum Dema-I, M. Munif Jazuli, mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah karena telah diberikan suatu anugerah yang dinanti-nantikan yaitu sekretariat untuk Sema Dema Institut dan juga terimakasih kepada pihak lembaga yang telah merealisasikan ruangan tersebut untuk Sema Dema,” tuturnya, Kamis (23/07).

 

“Harapannya tempat ini untuk berproses, tempat media bertemu, tempat menyimpan barang yang diarsipkan menjadi lebih khusus bagi UKM/UKK ataupun organisasi kemahasiswaan lainnya yang sekiranya membutuhkan, atau untuk kegiatan-kegiatan kecil di sekretariat ya dipersilahkan. Sekretariat ini milik kita bersama, mari kita jaga bersama supaya berfungsi maksimal,” jelasnya.

 

(Reporter/Frea/Yulinar)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0