Arif Radigusman Ajak Terapkan 3R melalui Seminar Bersih Indonesia 4.0

Generasi Baru Indonesia (Genbi) Wilayah Lampung menggelar Seminar Bersih Indonesia 4.0 dengan tema Generasi Baru sebagai Pelaku Inspirasi Sosial dan Edukasi Lingkungan untuk Menuju Indonesia Bersih, di Terminal 16C Mulyojati, Metro Barat, Kota Metro, Kamis (30-6-2022).

 

Seminar ini diikuti oleh anggota Genbi se-Provinsi Lampung dan masyarakat Kota Metro. Terdapat dua pemateri yakni Dela Okta Cahyaningtyas, anggota Genbi Komisariat Institut Teknologi Sumatera (Itera) dengan topik Mitigasi Bencana, Iklim dan Geologi. Sementara Arif Radigusman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, menyampaikan materi dengan topik Pengelolaan Sampah.

 

Arif, dalam materinya, mengajak peserta untuk menerapkan tiga prinsip pengendalian sampah, reduce, reuse, recycle, atau yang disebut 3R. Prinsip 3R merupakan kegiatan yang dapat mengurangi segala sesuatu yang menimbulkan sampah. Menggunakan kembali atau dengan mendaur ulang sampah merupakan upaya untuk mengelola sampah tersebut agar tidak menimbulkan masalah baru terhadap lingkungan.

 

Arif mengatakan, pembangkit listrik tenaga sampah bisa saja menjadi solusi untuk saat ini. Namun, hal tersebut tidak sesederhana seperti yang kita pikirkan. Perlu adanya teknologi dan banyak hal lainnya.

 

Saat ini, yang bisa dilakukan adalah memilah sampah. Kategori sampah dapat dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik bisa disumbangkan atau dijual ke bank sampah.

 

Tak lupa Arif berpesan kepada peserta untuk mulai peduli dengan lingkungan dari sekarang. “Ayo mulai hal-hal yang baik, hal-hal yang peduli lingkungan,” ajaknya.

 

Antusias datang dari Fara Aprilinaya, Komisariat IAIN Metro. Menurutnya seminar berlangsung dengan asik dan seru. Ia dapat mengenal lebih banyak orang dari Genbi se-Provinsi Lampung.

 

Ia mengaku, materi yang disampaikan membuatnya menjadi lebih peduli terhadap pentingnya keberadaan sampah di lingkungan kita dan mengetahui bagaimana cara mengelola sampah dengan baik. “Apalagi pematerinya langsung dari Dinas Lingkungan Hidup yang tau persis sebanyak apa sampah yang ada di Kota Metro,” jelasnya.

 

Tanggapan positif juga datang dari Elsy Hikmah Nuraini, Komisariat IAIN Metro. Menurutnya, seminar ini sangat penting untuk diadakan. Kita harus tahu, setidaknya cara menanggulangi bencana alam. Contohnya banjir, cara menanggulanginya misal dengan menanam pohon dan jangan membuang sampah sembarangan. “Karena kalau sering hujan kemudian sampah berserakan itu bisa saja menyebabkan banjir, sehingga harus membuang sampah pada tempatnya,” ungkapnya

 

(Reporter/Nurul/Utami)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0