Bertajuk Semangat Semanjat, Mapala Jurai Siwo Kembali Menggelar JSCC Se-Sumatera

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Menggelar Jurai Siwo Climbing Competition (JSCC) 2. Bertema Semangat Semanjat, di halaman Rektorat Kampus I IAIN Metro, Kamis (22-9-2022).

 

Turut Hadir Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Ahmad Khusaini, Rektor IAIN Metro, Siti Nurjanah, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Mahrus As’ad, Pembina UKM Mapala, Ahmad Bustomi, Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim) Kota Metro, Bagus, Dewan Penasihat, Tri Puspita Sari, serta tamu undangan UKM dan Unit Kegiatan Khusus (UKK).

 

Acara ini bertujuan untuk menyukseskan program kerja Badan Pelaksana Harian (BPH) Mapala 2022. Selain itu, untuk mempererat hubungan antar sesama pencinta alam, terkhusus para penggiat panjat dinding.

 

Wiwin Siva Aprilia, Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kompetisi panjat dinding yang akan berlangsung selama tiga hari ke-depan, 22—24 September 2022. Peserta berasal dari berbagai daerah seperti Padang, Palembang, Bengkulu, Jambi, Aceh, dan Lampung.

 

Terdapat tiga kategori nomor perlombaan yakni Lead Umum Putra dan Putri, Lead Under 19 Putra dan Putri, Lead Mapala Putra dan Putri. “Untuk Lead Umum dan Lead Mapala itu Se-Sumatera dan untuk Under 19 itu Se-Sumbagsel,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Wiwin menerangkan bahwa kegiatan JSCC ini pernah digelar pada tahun 2016. Untuk saat ini, sedang diusahakan untuk menjadi kegiatan tahunan.

 

Siti Nurjanah, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan perdana setelah Covid-19. Kegiatan ini dapat menjadi ajang sosialisasi bahwa IAIN Metro ada di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan dunia.

 

“Tentunya sangat membawa dampak yang positif, bisa memberikan sumbangsih kepada bangsa dalam rangka melakukan kebaikan-kebaikan dan menunjukan bahwa mapala adalah organisasi yang mengedepankan pendidikan,” pungkasnya.

 

Tak lupa ia berpesan kepada seluruh anggota Mapala, agar terus melaksanakan kegiatan secara konsisten, komitmen dan tanggung jawab. Segala sesuatunya harus dikoordinisasikan kepada para alumni dan anggota. Sehingga kegiatan berjalan baik dan lancar. Kepada para peserta lomba, ia juga berpesan untuk tidak jumawa jika menjadi pemenang.

 

Tanggapan positif datang dari Rio Putra, peserta JSCC asal Lahat Sumatera. Ia menyampaikan bahwa event tersebut sangat lumayan untuk tingkat se-Sumatera. Ia berharap kegiatan tersebut semakin baik, lancar, dan dapat mencetak bibit-bibit atlet yang dapat membanggakan Lampung.

 

Sama halnya dengan Devista Sari, peserta JSCC asal Way Kanan, mengatakan kegiatan tersebut berjalan lancar sebagaimana mestinya dan fasilitas yang diberikan juga sangat memuaskan. Ia pun berharap untuk ke depannya event ini dapat diselenggarakan kembali.

 

(Reporter/Irsyad/Utami)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0