Camaba Tak Lagi diwajibkan Membeli Sembako dan Tanaman dari Panitia

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan Pra Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus I IAIN Metro, Minggu (04/08).

Turut hadir Nawa Angkasa, selaku koordinator Sie Bakti Sosial, Nizarudin selaku koordinator Sie Acara, serta 1500 peserta yang merupakan seluruh Calon Mahasiswa Baru (Camaba).

Pra Pengenalan PBAK ini dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama pada pukul 08.00-10.00 untuk Camaba Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah(FUAD), sedangkan kloter kedua dilaksanakan pada pukul 10.00-12.00 untuk Camaba Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Pra pengenalan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada seluruh Camaba agar mengetahui seluruh informasi melalui Sistem Akademik (Sismik).

Tanzili, Sekretaris Pelaksana mengungkapkan tahun ini Camaba di bebaskan untuk membeli Sembako dan bibit pohon atau tanaman dimana saja. Berbeda dengan tahun, dimana Camaba di tuntut agar membeli sembako dan bibit pohon atau bunga melalui panitia PBAK.

Terkait dengan tanaman yang terkumpul dari Camaba, tahun ini tanaman bisa lebih dimanfaatkan dan tidak seperti halnya tahun kemarin yang hanya sebagai formalitas saja.

Tanzili juga mengharapkan mahasiswa baru bisa mendapatkan informasi secara gamblang dan jelas dari Pra PBAK ini sehingga untuk PBAK besok sudah mempersiapkan secara matang.

Aulia Eka Wardayanti, peserta pra PBAK begitu antusias dalam mengikuti acara. Ia mengatakan mengikuti kegiatan ini seperti menyediakan payung sebelum hujan. Pra PBAK ini termasuk simulasi kita para Maba (Mahasiswa baru., red).

“Untuk menghadapi PBAK seperti apa ke depannya tidak lagi kaget, selain itu bisa menjadi ajang pencarian teman, jadi ketika PBAK kita tidak lagi sendiri, jadi acara ini sangat mempermudah kita,” pungkasnya.

Wiwid Sagita Ayu Lestari, peserta lain juga mengatakan adanya pra PBAK dirinya bisa lebih mempersiapkan diri kita untuk PBAK yang sebenarnya, “Semoga bisa lebih baik lagi kedepannya dan tahun-tahun selanjutnya,” ujarnya saat diwawancarai Kronika.

(Reporter/Desti/Rizki)