Destinasi Seru di Ujung Pulau Sumatera

Provinsi Lampung merupakan wilayah yang berlokasi di ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Provinsi Lampung merupakan salah satu Kota besar dengan luas wilayah terbentang 169.21 km persegi. Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten dengan penduduk sekitar 8.205.141 jiwa.
Dengan penduduknya terpadat ketiga ini ternyata Lampung memiliki tempat wisata yang menjanjikan. Meski kalah populer dibanding Bangka Balitung.

Lampung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah. Hampir semua ada di sana. Mulai dari wisata alam dengan pantai, gunung, dan air terjun, hingga wisata kekinian seperti spot selfie. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui keindahan alam yang disuguhkan tersebut. Ironis memang, mengingat Lampung hanya berjarak ‘selemparan batu’ dari ibu kota Indonesia, Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, destinasi-destinasi baru dan seru pun semakin banyak bermunculan. Tempat wisata berikut yang masih sedikit asing ditelinga, namun pesonanya tak kalah dengan tempat wisata yang sudah populer seperti pantai Gigi Hiu dan Way Kambas. Berikut bisa menjadi acuan kita untuk dikunjungi disela-sela liburan pasca lebaran.

1. Bukit BLT Blitarejo

Kawasan perbukitan di Kabupaten Pringsewu memiliki pemandangan yang seru. Supaya bisa menikmati semaksimal mungkin panorama alam di daerah ini, berkunjung ke Bukit BLT menjadi kewajiban.
Dengan sedikit tracking, Anda sudah tiba di spot yang pas untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan itu. Tak hanya perbukitan, Anda juga bisa melihat hamparan sawah, aliran sungai hingga perumahan warga lewat lanskap yang istimewa.
Pihak pengelola Bukit BLT juga sudah menyiapkan spot khusus untuk berfoto dengan latar belakang perbukitan alami yang eksentrik, dan jumlahnya cukup banyak.

2. Danau Suoh, Lampung

Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Danau Suoh yang jadi langganan penikmat alam sekaligus pemburu foto.
Terletak di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung. Kawasan ini terdiri dari empat danau yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya, seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang.
Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto di sana.

3. Mata Air Way Sumpuk

Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada akhir 2016 lalu sebagai salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap oke. Wisata ini berupa tempat pemandian yang airnya segar dan sangat bersih, terletak di desa Umbul Buah, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Tempatnya memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok untuk yang ingin berfoto di dalam air. Anda dapat berenang serta berfoto bebas dengan ikan-ikan cantik yang ada di sana, untuk masuk lokasi ini gratis hanya membayar tiket parkir kendaraan.
Jika Anda berniat untuk bersantai di tempat ini, ada baiknya membawa bekal karena di tempat ini belum ada warung atau tempat-tempat penjual makanan.

4. Air Terjun Lembah Pelangi

Tempat wisata di Lampung yang menarik lainnya adalah Air Terjun Lembah Pelangi. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini bisa buka google map untuk menuju ke Desa Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus.

Tempat wisata air terjun ini mulai dikenal karena banyaknya pengguna media sosial yang memposting foto tempat ini. Sesampai di lokasi, akan terdengar gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, menghantam air yang di bawahnya. Embun dari air yang tertiup angin akan menyapu wajah dan sensasi dingin sejuk langsung terasa.
Dan eksotismenya, air terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu ini terdiri atas dua air terjun, satu di bagian atas dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter. Cukup tinggi bukan? Air terjun yang ke dua, berjarak sekitar 50 meter berada di bawah air terjun yang pertama, dan medan menuju air terjun yang ke dua ini lebih curam.

5. Pulau Sebuku

Jika Anda mengunjungi tempat ini, mungkin Anda serasa di latar sebuah film. Dengan pasir putih pantai diimbangi jernihnya air laut hingga bagian dalam jelas.

Pulau Sebuku berada di selat Sunda dan merupakan pulau terbesar di perairan Selat Sunda, dengan luasnya lebih dari 17,7 km persegi. Tempat wisata ini masuk ke kawasan Kalianda, Lampung Selatan.

Dari pinggir pantai Anda bisa melihat pemandangan gunung Krakatau dengan jelas. Perairan yang ada di sekitar pulau ini juga cukup jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar di tepinya. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang atau snorkeling menikmati keindahan bawah laut yang sangat memanjakan mata.

6. Curup Gangsa

Siapa pun tahu untuk bisa mendapatkan surga, dibutuhkan perjalanan panjang, sulit dan menantang. Pun demikian kala Anda ingin bisa menyaksikan secuil potongan surga di Way Kanan bernama Curup Gangsa.

Untuk bisa di air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan panjang dari Bandar Lampung. Tepatnya di Dusun Tanjung Raya, Kota Way, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Sesampainya di Curup Gangsa, Anda akan disuguhi menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil yang menambah eksotisme wilayah ini. Bebatuan besar di sepanjang sungai dan derasnya air memberikan nilai lebih dari keindahan curug ini.

Lebar sungai Gangsa ini kurang lebih 20 meter. Banyak sekali batu-batu besar yang bertebaran di sepanjang sungai. Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti berenang di kolam bawah air terjun dan memancing di aliran sungai Curup Gangsa.

7. Laguna Dodo

Bila Anda memutuskan berlomba dengan lumba-lumba di Teluk Kiluan, jangan lewatkan juga pengalaman dan sensasi berendam air asin di Laguna Dodo.

Spot menarik ini tersembunyi di ujung Pantai Laguna. Tak banyak orang yang mengetahuinya karena tempatnya yang memang jauh dari jangkauan dan harus menempuh perjalanan yang tidak mudah.

Tapi sesampainya di lokasi, Anda akan disambut oleh pepohonan besar yang tumbuh di bukit, suara siamang bersahutan dan sesekali kera ekor panjang yang terlihat berlarian di atas bukit, juga background lautan dari Teluk Kiluan yang begitu terkenal.

Momen yang paling mengesankan tentunya adalah kolam kecil alami dengan kedalaman tak kurang dari dua meter, menyerupai laguna. Dengan air yang jernih, ditambah kontur karang yang eksotik, juga deru ombak dari kejauhan yang memecah bibir karang, susah rasanya mencari pembanding yang pantas atas keindahan dan keasrian Laguna Dodo ini.

8. Pulau Balak

Bagaimana rasanya bisa memiliki pulau pribadi, liburan di tempat di mana hanya Anda sendiri yang menikmati setiap keistimewaan di dalamnya? Sensasi itu mungkin bisa Anda rasakan di Pulau Balak. Berada di Sukarame, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Pulau dengan deretan pohon kelapa, pasir putih dan lautan yang biru ini memunculkan kesan eksotis kepada siapa pun yang ada di di dalamnya, dan yang paling istimewa, selain suasana sepi, asri dan tenang, adalah sensasi menikmati sunset yang indah di ufuk barat.

Anda juga bisa ber-snorkeling karena pemandangan terumbu karang indah di bawah permukaan laut yang sayang untuk dilewatkan. Jika beruntung, Anda bisa melihat Nemo, si ikan badut, berseliweran di antara terumbu karang, atau bahkan penyu sisik.

(Penulis/Nissa)

https://www.idntimes.com/travel/destination/amp/putriana-cahya/10-wisata-hits-di-lampung-yang-wajib-dikunjungi-kamu-sudah-pernah

https://mytrip123.com/60-tempat-wisata-di-lampung-dan-kuliner-lengkap/

21 Tempat wisata alam di Lampung yang memukau dan tiada duanya

https://lifestyle.okezone.com/amp/2017/05/12/406/1689375/pesona-laguna-dodo-lampung-yang-menawan-hati

14 Tempat Wisata di Lampung Menarik dan Wajib untuk Anda Kunjungi

https://chirpstory.com/li/407769