Diklat Anggota, UKM LKK Kenalkan Pentingnya Sikap Wasatiyah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Keagamaan Kampus (LKK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, mengadakan Diklat Anggota tahun 2021, dengan tema Membentuk Generasi Muslim yang Bervisi Washatiyah dan Wathaniyah di Era New Normal. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Metro, Sabtu (18-09-2021).

 

Turut hadir Wakil Rektor III, Mahrus As’ad, Pembina UKM LKK, M. Nasrudin, perwakilan UKM dan Unit Kegiatan Khusus (UKK), serta 150 peserta.

 

Diklat anggota merupakan pintu gerbang masuknya anggota baru, dan pembentukan karakter sebelum terjun ke dunia organisasi. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut yaitu, Sabtu dan Ahad dengan dibagi dua sesi perharinya.

 

M. Nasrudin, dalam sambutannya, mengajak para peserta untuk memiliki visi yang selaras dengan keagamaan dan kebangsaan. Mengingat Bangsa Indonesia dilahirkan dalam konteks yang beragam. Menurutnya memiliki sikap wasatiyah atau bersikap secara garis tengah adalah keharusan, agar kebhinekaan tetap terjaga.

 

“Dari sini lahir generasi muslim yang moderat, tidak berlebih-lebihan. Bisa menerima banyak perbedaan, bisa memahami lingkungan. Sehingga kita bisa bersikap dengan baik dan menjadi uswatun hasanah, tauladan yang baik dalam sosial bermasyarakat,” ungkapnya.

 

Fikri Ahmad Nazif, Ketua Pelaksana, mengungkapkan, peserta yang telah mengikuti diklat anggota dapat berkontribusi dalam organisasi. Dapat melalui karakternya, serta paham dalam berorganisasi, dan tidak hanya cuma ikut-ikutan saja.

 

Kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif dari salah satu peserta, Novita Sari Tadris Tadris Matematika (TM’19). Ia mengaku senang dan berharap ilmu yang disampaikan bisa dipraktekkan di masyarakat. Sehingga dapat berguna bagi kehidupan.

 

Senada dengan Novita, Nurul Isnaini, Ekonomi Syariah (ESy’20), mengatakan bahwa kegiatan diklat ini dapat memberikan pengetahuan bagi anggotanya. Terutama tentang keagamaan dan menambah relasi serta mempererat tali persaudaraan antar calon anggota UKK LKK.

 

“Semoga dengan diadakannya diklat ini dapat menjadikan anggotanya semakin rukun dan memberikan sisi positif yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

 

(Reporter/Nurul/Ulva)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0