Diksar KSR Bentuk Aktivis Berjiwa Kemanusiaan

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) IAIN Metro mengadakan Pendidikan Dasar (Diksar) ke-VI yang mengusung tema Membentuk Relawan Cipta, Abdi, dan Bertanggung Jawab, bertempat di GSG IAIN Metro, Sabtu (31/08). Acara ini diikuti 150 mahasiswa dari semua jurusan.

Pendidikan Dasar merupakan syarat wajib bagi peserta baru yang akan bergabung menjadi anggota KSR. Rangkaian acara terbagi menjadi dua tempat yaitu diklat ruangan dan lapangan. Kegiatan ini bertujuan membentuk aktivis berjiwa kemanusiaan yang nantinya siap berkontribusi untuk kampus maupun terjun langsung di masyarat.

Diksar ini dihadiri oleh Pembina KSR PMI, Nety Hermawati, Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I),Tanzili, Ketua KSR PMI, Juwita Damayanti, serta Perwakilan setiap UKK dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Metro.

Dalam rangkaian acara ini menghadirkan dua pemateri yakni pemateri I, Nety Hermawati menyampaikan materi berjudul Urgensi Organisasi Kemahasiswaan, Dede Maulana, Motivasi Sukses Organisasi dan Akademik, pemateri II, Mungky Purbo Rahayu, menyampaikan materi berjudul Gerakan Kepalang Merahan.

Rio Ferdiansyah, Ketua Pelaksana berharap dengan kegiatan ini dapat membentuk anggota yang mampu mengabdi untuk kampus maupun masyarakat dengan lebih bertanggung jawab.

Azizah Ayu Chairun Nissa, salah satu peserta mengatakan acara ini sangat bermanfaat untuk para calon anggota karena kita di sini diajari dasar-dasarnya KSR PMI dan dapat menanamkan rasa peduli terhadap sesama.

“Semoga ke depannya anggota KSR PMI dapat menjalankan prinsip-prinsip yang ada di KRS PMI dengan baik,” katanya saat di wawancarai Kronika.

Reporter (Ainaya/Dewi Nurul)