Gelar Webinar, UKM Renov Bagikan Tips Membuat Esai dan Jurnal

 

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Riset dan Inovasi (Renov) Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, menyelenggarakan Webinar Kelas Esai dan Jurnal Mahasiswa (Kedju), dilaksanakan via Zoom Meeting, Ahad (17-07-2022).

 

Turut Hadir Wakil Rektor III sekaligus membuka acara, Mahrus As’ad, dan Pembina UKM Renov, Yudhistira Ardana. Webinar ini menghadirkan dua narasumber yakni Aris Ariyanto, Alumni Politeknik Negeri Semarang, Hadiana Trendi Azami, Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta diikuti 70 peserta.

 

Aris Ariyanto, dalam materinya, menyampaikan beberapa rubrik terkait karya esai, di antaranya jenis-jenis esai, tips dan trik pembuatan, langkah-langkah pembuatan, sistematika penulisan, dan pemilihan bahasa yang tepat dalam pembuatan esai. Selain itu, Aris juga membagikan tips dalam pembuatan poster esai.

 

Selanjutnya, Hadiana memaparkan tentang pengenalan jurnal yang meliputi penulisan jurnal dan pokok dalam membangun kepenulisan. Selain itu, ia juga mengungkapkan benefit dalam kepenulisan, hal-hal yang diperhatikan dalam kepenulisan, dan tips mencari topik kajian.

 

Resi Suhendri selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa webinar ini bertujuan sebagai ajang untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang kepenulisan baik esai, jurnal, karya tulis maupun skripsi. Ia berharap, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk banyak orang.

 

“Sehingga meningkatkan semangat untuk mengikuti lomba dan terus berkarya dan mengukir prestasi, terutama dalam bidang jurnal dan esai,” harapnya.

 

Tanggapan Positif datang dari Halimah Anjar Wati, Pendidikan Agama Islam (PAI’21). Ia mengaku bahwa webinar ini sangat membantu dan membuka wawasannya dalam kepenulisan. Ia pun berharap, kegiatan seperti ini bisa sering diadakan.

 

Sama halnya dengan Ferdi Hamdani (PAI’21). Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat baginya dan menambah informasi mengenai pembuatan jurnal. “Saya berterima kasih kepada UKM Renov karena telah menyelenggarakan kegiatan webinar ini, semoga selanjutnya diadakan kembali untuk menambah wawasan agar tetap produktif,” harapnya.

 

(Reporter/Bela)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0