HMJ TBI Beri Semangat Baru Berwirausaha Melalui English Department Fair 2021

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan English Departement Fair 2021 dengan mengusung tema New Spirit for a Better Future with Competition and Enterpreneurship. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Metro, Senin (22-11-2021).

 

Turut hadir Wakil Dekan III FTIK, Kuryani, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan (AUAK) IAIN Metro, Ahmad Yani, Ketua Jurusan TBI, Andianto, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I) Didi Pranata, Ketua Dema FTIK, Nia Puspita Rini, Ketua Umum HMJ TBI, David Renaldo, serta diikuti oleh 150 peserta.

 

TBI Department Fair 2021 tak hanya menjajakan aneka bazar makanan dan minuman. Bazar kewirausahaan merupakan kreasi dari mahasiswa TBI angkatan 2019, yang mana kreativitas produk dan promosinya merupakan poin penilaian dari juri.

Selain itu, terdapat berbagai macam perlombaan. Di antaranya story telling, speech competition, singing contest, dan micro teaching yang diikuti oleh mahasiswaa TBI angkatan 2020 dan 2021. Hal tersebut berguna untuk menggali bibit-bibit mahasiswa berprestasi dari jurusan TBI.

 

Kuryani, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Meski tidak didanai oleh bidang kemahasiswaan FTIK, TBI Department Fair 2021 dapat terlaksana. Ia mengungkapkan saat ini anggaran FTIK dari Instansi sebesar Rp0. Menurutnya, TBI Department Fair 2021 sangat berguna agar menjadi mahasiswa Islam yang beraspek sosial dan ekonomi tinggi serta berwawasan luas.

 

Irsyad Fauzi, Ketua Pelaksana, menjelaskan, tujuan diadakannya acara ini untuk mengembangkan potensi kewirausahaan mahasiswa TBI. Di antaranya internship maupun leadership, “Kegiatan ini berfokus kepada dua sisi yaitu internship yang menjadi motto dari IAIN sendiri dan Bahasa Inggris yang merupakan bagian dari jurusan TBI,” jelasnya.

 

Mengenai pemilihan tema kegiatan hari ini, Irsyad mengatakan melihat era industri saat ini. Semakin masifnya ekonomi kreatif menuntut mahasiswa untuk berpikir lebih dalam, lebih luas, dan lebih mempersiapkan diri untuk ke depannya.

 

“Dan inilah new spirit, semangat baru untuk masa depan yang lebih baik lagi. Jadi inilah yang kita harapkan dapat menjadi motivasi generasi muda untuk menjadi kreatif lagi dan inovatif lagi,” harapnya.

 

Tanggapan positif pun datang dari salah satu mahasiswa TBI, Mita Sari (TBI’19). Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu untuk ke depannya. Mahasiswa yang telah lulus, sudah memiliki pengalaman dalam berwirausaha. Ia juga berharap, melalui bazar kewirausahaan mahasiswa yang berpartisipasi bisa mendapatkan keuntungan dari hasil jualannya.

 

Nahdi Hakim, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD’18), sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Nahdi, jurusan lain seperti dirinya dapat termotivasi dari kegiatan ini, terlebih saat mendengar sambutan Kuryani bahwa TBI Departement Fair 2021 tidak didanai oleh lembaga.

“Harapannya sih semoga lebih baik lagi dan semoga tahun besok ada dananya, jadi acaranya lebih baik lagi,”  harapnya.

 

(Reporter/Elta)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0