HMJ TIPS, Bentuk Etos Kerja Berdedikasi dan Berkarakter

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), melaksanakan Rapat Kerja (Raker) dengan mengusung tema Mewujudkan Etos Kerja HMJ Tadris IPS yang Berdedikasi dan Berkarakter, di Gedung Munaqosyah Lt. III, Rabu (10/02).

 

Turut hadir Wakil Dekan III FTIK, Yudianto sekaligus membuka acara, Ketua Jurusan TIPS, Tubagus Ali Rachman Puja Kesuma, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FTIK, Nia Puspita Rini, Ketua Senat Mahasiswa (Sema) FTIK, Jamil Kurniawan, Perwakilan HMJ Tadris Biologi, Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Tadris Matematika, serta 30 peserta.

 

Kegiatan raker bertujuan untuk mengetahui aktivitas kerja HMJ TIPS. Selain itu forum untuk bermusyawarah mengenai pengembangan program kerja (progja) agar lebih baik untuk ke depannya.

 

Yudianto, Wakil Dekan III FTIK, melalui sambutannya, ia berpesan agar HMJ TIPS dalam melaksanakan agenda dapat meminimalisir pemakaian limbah plastik atau kertas. Hal ini dapat diakali dengan beralih menggunakan wadah atau barang yang bisa digunakan kembali, seperti piring rotan untuk kue atau buah.

 

Tubagus Ali, Ketua Jurusan TIPS, dalam sambutannya menjelaskan bahwa jurusan TIPS memiliki beragam pembelajaran. Seperti pembelajaran sosial, alam, sosiologi, habluminallah dan habluminannas. Ia berpesan agar HMJ TIPS senantiasa dalam satu jalur untuk mencapai tujuan, “HMJ TIPS itu harus tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan. Jangan sampai terpecah belah, harus satu tujuan dan satu jalan,” pungkasnya.

 

Joko Sampurno, Ketua HMJ TIPS, mengingatkan kembali apa peran seorang mahasiswa. Seperti mahasiswa yang kerap disebut agen of change (agen perubahan,. red), “Dimana perubahan tersebut menjadikan diri kita lebih baik, khususnya secara individu maupun berkelompok,” ungkapnya.

 

Ia mengungkapkan untuk pendaftaran mahasiswa baru TIPS di masa mendatang, harus sesuai dengan jurusan saat mengenyam sekolah menengah, “Nantinya setiap siswa SMA yang akan masuk jurusan TIPS harus sesuai dengan jurusan saat di SMA,” tambahnya.

 

Dalam menjalankan sebagai Ketua HMJ, ia berharap agar TIPS dapat semakin berkembang. Dalam penuturannya ia menjelaskan TIPS merupakan jurusan yang saat ini hanya ada di perguruan tinggi Lampung, “Karena jurusan ilmu pengetahuan ini hanya satu-satunya di provinsi Lampung,” jelasnya.

 

Ratminah, TIPS’18, mengungkapkan agar HMJ TIPS dapat lebih berkembang dan maju. Tah hanya itu memiliki jiwa sosialnya lebih kental lagi, serta membangun generasi HMJ berikutnya agar lebih baik lagi, “Semoga progja-progja per bidang terlaksana dengan baik,” harapnya.

 

Vina Zulfia, TIPS’18, berharap agar raker yang akan dibahas dapat berjalan dengan baik, “Semoga semua dari seksi per bidang bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadikan jurusan TIPS lebih baik,” harapnya.

 

(Reporter/Nura/Ulva)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0