HMJ TIPS Semat Penghargaan 1st Eco Influencer Prize pada Campaign Eco Hero

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, berhasil meraih penghargaan 1st Eco Influencer Prize dalam ajang Campaign Eco Hero. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gajahlah Kebersihan, Minggu (30/05).

 

Sebanyak 22 partisipan dari berbagai universitas serta komunitas yang mengikuti kegiatan tersebut. Selama 90 hari, peserta akan mengikuti tujuh tantangan dalam menyelesaikan misi menjadi pahlawan lingkungan. Di antaranya kelola sampah, hemat energi, sadar iklim, rawat tanaman, bijak pangan, aku pahlawan lingkungan, dan jadilah pahlawan lingkungan.

 

HMJ TIPS IAIN Metro berhasil menjadi juara 1 Eco Influencer Prize, kemudian disusul Hima Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lampung, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), dan BEM Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya.

 

Tak hanya Eco Influencer Prize, dalam Campaign Eco Hero juga terdapat kategori Eco Hero Winners yang diperuntukkan untuk individu.

 

Joko Sampurno, Ketua HMJ TIPS menjelaskan, terdapat beberapa tantangan yang harus diikuti dan diunggah melalui aplikasi campaign, “Dalam setiap challenge itu dilakukan masing-masing mahasiswa. Seperti dalam pengolahan sampah ada yang mengolah sampah plastik menjadi tas, mengelola sampah kertas untuk kemudian dibuat buku kembali, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

 

Ia pun menuturkan bahwa sebanyak 71 mahasiswa TIPS yang mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga banyaknya peserta ini menjadikan HMJ TIPS lebih unggul dari universitas dan komunitas lainnya.

 

Bagi Joko, campaign tersebut memberikan dampak yang sangat luar biasa, “Setelah mengikuti campaign ini bisa lebih peduli terhadap lingkungan, dan bisa membangun relasi baru dengan kolaborator yang mengikuti campaign,” harapnya.

 

(Reporter/Hesti)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0