Iduladha, Sebanyak 309 Mahasiswa TBI Berpartisipasi Sumbang Dua Ekor Kambing

Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, menyumbang dua ekor kambing untuk kegiatan kurban di Musala Baitu Solihin RT/RW 017/007, Dusun V Ringin Sari, Kelurahan Sumbergede dan Musholla Al-Hidayah, RT/RW 022/010, Dusun VI Sumbergede, Kec. Sekampung, Kab. Lampung Timur, Senin (19-07-2021)

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan ibadah dan ajang saling mengenal antar sesama anggota HMJ TBI. Adanya pandemi, kegiatan pertemuan anggota HMJ TBI ditiadakan. Namun, dengan adanya momen ini, dapat mempertemukan dan dapat dihitung sebagai nilai ibadah.

Muhammad Iqbal Farhan, Ketua Pelaksana (TBI’19) mengatakan, meskipun dalam suasana pandemi dan situasi kurang mendukung, tidak menghambat mahasiswa TBI untuk tetap melaksanakan kurban, “Kegiatan ini bisa berlangsung walaupun dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pada tahun sebelumnya TBI melakukan pendistribusian hewan kurban ke masjid-masjid yang dirasa kekurangan hewan kurban. Selain itu, juga mengikuti pemotongan hewan kurban di kediaman Ketua Jurusan (Kajur) TBI untuk dibagi ke tetangga dan sekitarnya. Setelah kegiatan selesai, dilanjutkan dengan acara masak-masak bersama dan menikmati daging kurban bersama-sama.

Melihat kegiatan yang pastinya mengundang kerumunan, karena pandemi dilarang berkerumun tahun ini hanya dilakukan pendistribusian hewan kurban pada H-1 Iduladha. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghindari kerumunan.

Sudah menjadi kegiatan rutinan, HMJ TBI akan mengkoordinir seluruh mahasiswa untuk menyumbang hewan kurban. Untuk tahun ini, sebanyak 309 mahasiswa TBI yang berpartisipasi. Total dana yang diperoleh sebesar Rp4.635.000, yang mana setiap mahasiswa menyumbangkan dana sebesar Rp15.000.

Namun, Iqbal mengaku bahwa seluruh dana terkumpul sebanyak Rp4.728.500. Penambahan besaran total uang dikarenakan terdapat salah satu kelas yang memberikan dana kas kelas dengan sukarela, “Karena ada salah satu kelas yang berjumlah 26 mahasiswa yang seharusnya memberi dana sebesar Rp390.000. Namun, mereka memberi Rp483.500 yang mana ada tambahan dana sebesar Rp93.500 diluar dana yang dibebankan,” jelasnya.

Melihat besarnya uang yang diperoleh, selaku ketua pelaksana ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada partisipan, “Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi, dalam pendanaan demi terlaksananya kegiatan ini,” tambahnya.

Ia berharap kegiatan kurban dapat terus terlaksana tiap tahunnya dan bisa lebih baik lagi, “Pelaksanaan yang hanya seperti ini juga bukan harapan dari kami. Kami berharap Insyaallah tahun berikutnya bisa terlaksana jauh lebih meriah dibandingkan tahun ini,” ungkapnya.

(Reporter/Antika/Martika)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0