Tingkatkan Minat Berwirausaha, HMJ TMTK Gelar Seminar Kewirausahan

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Matematika (TMTK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, mengadakan kegiatan Seminar Kewirausahaan yang bertemakan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Tadris Matematika melalui Pembelajaran Materi Aritmatika Sosial. Bertempat di Gedung Munaqosyah lt. III, Ahad (27-11-2021).

 

Turut hadir Ketua Jurusan (Kajur) TMTK, Endah Wulantina, Dosen Matematika, Nur Indah Rahmawati, Sekertaris HMJ, Mutiara Sena Urba Ningrum, tamu undangan dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), serta diikuti 77 peserta.

 

Kegiata Seminar ini bertujuan untuk ‎mengetahui pentingnya pengetahuan tentang Kewirausahaan. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Nurwahid Amrulloh, Founder Daksa Media dan Dharma Setyawan,Founder Payungi.

 

Asa Arifah Nusa, Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi devisi keilmuan dan devisi kewirausahaan. Tak lupa Ia juga berharap agar para peserta mendapatkan bekal setelah mereka lulus kuliah dan bisa menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat.

 

Mutiara Sena Urba Ningrum, Sekretaris HMPS, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara seminar kewirausahaan ini bertujuan agar mahasiswa IAIN Metro mendapatkan pengetahuan dalam kewirausahaan itu sendiri.

 

Endah Wulantina, Kajur TMTK, dalam sambutannya mengatakan bahwa di-era sekarang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk meneliti dan menghasilkan skripsi, tapi juga harus mempublikasikan hasil tersebut. “Mindset mahasiswa juga harus diubah, tidak hanya sekedar mengikuti tapi juga menciptakan hal baru. Perilaku, skill, dan pengetahuan harus dikuasai tidak hanya salah satunya saja,” ungkapnya.

 

Kemudian, Ia berpesan jika sudah masuk ke dalam ruang lingkup matematika, maka cintailah matematika itu. “Seperti simbol yang ada di matematika, cintailah simbol-simbol itu,” tandasnya.

 

Tanggapan positif datang dari Mastery Rara Ningrum, (TMTK’22). Ia sangat mengapresiasi acara tersebut, menurutnya Seminar kewirausahan ini sangat memberikan manfaat yang baik untuk masa depan mahasiswa. Ia pun berharap acara seperti ini harus lebih sering diadakan guna mengubah mindset orang.

 

Sama halnya dengan Nabila Aleyda Tsurayya (TMTK’22) menanggapi hal tersebut menganggapi bahwa acara seminar ini sangat luar biasa, karena menghadirkan pemateri yang hebat dan banyak pelajaran yang diajarkan.”Menjadi mahasiswa bukan hanya dibekali kemampuan, tetapi juga harus dibekali attitude karena itu juga penting,” pungkasnya.

 

Ia pun berharap dengan adanya seminar kewirausahaan ini dapat merubah mindset banyak orang terutama mahasiswa. “Tadris Matematika tidak hanya dibentuk untuk menjadi pendidik, tetapi harus dibentuk menjadi seorang pencipta dengan jiwa berwirausaha,” tutupnya.

 

(Reporter/Aulya/Viki)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0