Jalin Silaturahmi, UKK Pramuka Gelar Forsil Anggota Baru

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, mengadakan Forum Silatuhrahmi dan Orientasi Awal (Forsil) anggota baru, bertemakan Mewujudkan Generasi Milenial yang Berintelektual, Profesional dalam Bingkai Akhlakul Karimah, Melalui Gerakan Pramuka. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus I IAIN Metro, Sabtu (11-09-2021).

 

Turut Hadir, Rektor IAIN Metro, Siti Nurjanah sekaligus membuka acara, Pembina UKK Pramuka, Aisyah Khumairah, Perwakilan Organisasi mahasiswa (Ormawa) Institut, serta 31 peserta terdiri dari 22 putri dan sembilan putra.

 

Acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu, Sabtu dan Minggu ini merupakan langkah awal untuk mempererat jalinan silahturahmi. Selain itu, sebagai orientasi awal terhadap calon anggota Racana.

 

Melalui sambutanya, Siti Nurjanah, mengatakan bahwa sebagai anggota Pramuka jangan hanya menonjolkan gaya berfikir dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, akan tetapi harus diimplementasikan melalui komunikasi sehari-hari.

 

Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan pemberian materi pertama yang disampaikan oleh Wakil Rektor (Warek) III, Mahrus As’ad, yang membahas tentang Urgensi Peran Pramuka dalam Moderasi Beragama.

 

Kemudian dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh eks Pembina Pramuka, Muhammad Ali, berisi tentang Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan. Terakhir, materi disampaikan oleh Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Lampung, Edwan Lesmana, tentang Pola Pramuka Mekanisme Pandega.

 

Ketua Pelaksana, Ahmad Burhanudin, di dalam sambutannya mengatakan, sebagai generasi milenial dan penerus bangsa, hendaknya mulai memiliki rasa profesional dalam mengembangkan diri secara intelektual, “Kita Sebagai generesi milenial membawa perubahan untuk Indonesia emas di tahun 2045,” harapnya.

 

Ahmad Syafei, Pendidikan Agama Islam (PAI/I), mengungkapkan bahwa kegiatan Forsil sangat menarik. Menurutnya sebagai mahasiswa baru didorong untuk ikut serta kegiatan aktif, “Semoga Forsil yang akan datang lebih maksimal lagi. Anggotanya lebih banyak lagi, pokoknya ditunggu untuk hal-hal yang baik,” ujarnya.

 

(Reporter/Firu/Rifa)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0