Jaring Siswa Berprestasi Melalui MSQ UKM LKK

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Keagamaan Kampus (LKK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, mengadakan perlombaan Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) Tingkat Nasional, bertemakan Mewujudkan Masa Depan Pemuda Muslim Milenial yang Cerdas, Moderat, dan Berpegang Teguh Pada Nilai-Nilai Al-Qur’an. Bertempat di Gedung Munaqosah lantai III, Ahad (25/04).

 

Turut hadir Wakil Rektor III, Mahrus As’ad, Pembina I LKK, Nasrudin, Pembina II LKK, Syaifullah, Juri 1, Walfajri, Juri 2, Lukmanul Hakim dan 30 panitia, serta 11 peserta yang hadir pada siaran langsung di Instagram (lkk_iainmetro,. red).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring siswa yang berprestasi, menjadikan warga Indonesia yang berpegang teguh pada nilai-nilai Al-Qur’an.

 

Terdapat kuota peserta yang dibuka sebanyak 20 tim. Namun hanya 15 tim yang mendaftar, kemudian 12 tim yang mengirimkan video. MSQ dilakukan secara virtual dengan teknis peserta mengirimkan video kepada panitia yang dimulai sejak 20 Maret–18 April 2021. Penjurian dilakukan 25 April 2021 dan pengumuman pemenang akan diumumkan 27 April 2021 melalui siaran langsung di Instagram.

 

Dian Novaldy Rahman, Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa terdapat tiga pembagian dalam satu tim, yang pertama ada tim pensyaroh atau penjelasan, yang kedua tim qori atau tilawah, dan tim ketiga saritilawah atau membaca terjemahan Al-Qur’an. Untuk total hadiah yang diberikan senilai Rp1.500.000, dengan Juara 1 Rp600.00, juara 2 Rp500.000, dan juara 3 Rp400.000.

 

M Thoriq Farhan Al Haqqi, peserta asal MA Al-ittihad Malang, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa alasan mengikuti perlombaan karena ingin mensyiarkan islam, “Karena kami ingin bersyiar dan untuk urusan juara jika itu urusan Allah, jika rezekinya, ya diterima. Jika tidak, mungkin di lain waktu,” ujarnya.

 

Kemudian Muhamad Herdiawan, peserta asal MA Wali Songo, Lampung Tengah, mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya MSQ Tingkat Nasional ini. Dengan adanya Acara yang diselenggarakan oleh LKK IAIN Metro meski dalam kondisi pandemi ini, membuat para siswa untuk terus aktif berkarya dan belajar. Tentunya sebagai wadah dalam menumbuhkembangkan dan memaksimalkan segala potensi yang ada dalam diri para siswa.

 

Ia juga berharap kegiatan MSQ ini dapat dijadikan kegiatan rutin tahunan sebagai ajang penyaluran bakat, agar dapat senantiasa berkreasi dan berpartisipasi dalam acara tersebut, “Kami menghaturkan ribuan terima kasih kepada segenap LKK IAIN Metro atas acara yang sangat menarik ini,” ucapnya.

 

 

(Reporter/Frea/Nurul)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0