Kentos Kelapa? Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya!

Pohon kelapa memang merupakan pohon multifungsi. Hampir semua bagian pohon ini, mulai dari buah, batang bahkan sampai akarnya pun dapat kita manfaatkan. Nah, pernahkah kalian menemukan benda bulat berwarna putih saat membelah buah kelapa? Jika “Ya” berarti kalian beruntung.

Benda tersebut biasa disebut dengan “kentos”. Kentos kelapa atau yang juga dikenal sebagai tombong kelapa ini sebenarnya adalah embrio dari kelapa. Bisa dibilang, kentos adalah cikal bakal pembentukan tunas kelapa yang nantinya akan menembus keluar dari buah kelapa jika sudah menua. Suatu keberuntungan jika kalian menemukannya karena kentos hanya dapat ditemukan dalam buah kelapa yang sudah tua.

Bentuk dari kentos kelapa ini biasanya bulat dan terletak pada bagian dalam daging buah kelapa. Warnanya putih semu dan teksturnya hampir menyerupai spons. Bila masih berukuran kecil, rasa kentos lumayan manis, namun saat ukurannya sudah besar rasanya menjadi hambar seperti kapas.

Karena kurangnya pengetahuan dari masyarakat, maka kentos kelapa sering diabaikan dan dibuang begitu saja. Padahal, kentos kelapa ini mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh, bahkan diyakini dapat membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Nah, berikut iniadalah kandungan-kandungan dalam kentos kelapa :

  • Mengandung Vitamin A

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada kentos kelapa ini atau tombong kelapa mengandung  anti oksidan  ( betakaroten ) yang tidak hanya mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas tapi juga membantu peremajaan kulit. Vitamin A dalam kentos juga baik untuk kesehatan mata.

  • Mengandung Vitamin D

Kandungan vitamin D yang ada di dalam kentos kelapa atau tombong memainkan peranan penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium secara maksimal didalam usus serta turut serta membangun tulang dan gigi.

  • Mengandung Vitamin B12

Kentos kelapa  diyakini mengandung Vitamin B12 yang sangat berguna  untuk tubuh kita dalam  menghasilkan darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf , kesehatan kulitjugakesehatanmata.

  • Mengandung Omega 3

Kentos kelapa atau tombong kelapa ini juga diyakini mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh.Manfaat  asam lemak omega 3 yang berguna bagi tubuh diantaranya menutrisi otak anda. mencegah penyakit jantung, mencegahretinopati diabetes.

  • Mengandung Protein

Protein yang ada pada kentos kelapa juga baik sekali untuk tubuh. Protein berfungsi menghasilkan jaringan baru, sumber energi ,mengatur keseimbangan air, pembentukan anti bodi, untuk mengangkut zat – zat gizi dll.

  • Mengandung Zat Besi

Zat besi yang terkandung di dalam kentos kelapa begitu baik untuk tubuh anda. Dengan memakan banyak makanan kaya akan zat besi seperti yang terdapat pada kentos kelapa ini, berguna untuk mengangkut oksigen, zat besi bersama protein membentuk hemoglobin didalam sel darah merah dan myoglobin didalam serabut otot. Didalam sel zat besi bersama protein membentuk enzim untuk membentuk energi di dalam sel.

  • Mengandung Fosfor

Kadar fosfor yang terkandung didalam kentos kelapa juga  tinggi. Manfaat fosfor ini diantaranya ; membantu kerja ginjal dalam menyaring zat – zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh, pembentukan DNA dan RNA, fungsiotot, saraf, dan sebagainya.

Manfaat lain dari kentos kelapa antara lain :

  1. Mencegah Stroke
  2. Mencegah Jantung Koroner
  3. Mencegah Rabun Jauh / Hipermetropi
  4. Mencegah Radang Selaput Otak
  5. Mencegah Sakit Kepala dan Migrain
  6. Meringankan Depresi
  7. Mencegah Mata Silinder
  8. Meringankan Depresi
  9. Mengobati Batuk Kering yang Menahun
  10. Mengobati Kanker Kolon
  11. Mengobati Insomia
  12. Mengobati Mood Swing
  13. Menurunkan Hipertensi
  14. Mengobati Flu dan Pilek
  15. Menguatkan Daya Pikir

Pada dasarnya kentos kelapa dapat berperan dalam menjaga kesehatan. Kentos mengandung berbagai vitamin dan mineral. Memang, belum ada yang dapat membuktikan jika kentos ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit yang sudah disebutkan tadi, namun setelah mengetahui vitamin-vitamin yang terkandung dalam kentos ini, tidak ada kata rugi jika kita mencoba untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Penulis : Rani

Referensi:

https://www.donangga.site/2018/09/ternyata-banyak-manfaatnya-untuk.html?m=1

https://www.herusantosa.com/2018/01/manfaat-luar-biasa-kentos-kelapa-yang.html

https://www.imusinformasi.com/2018/02/25-manfaat-dan-khasiat-kentos-kelapa.html

http://www.portraitnusantara.com/2018/06/11/7-khasiat-kentos-kelapa-untuk-kesehatan-tubuh-anda/