Ketua Umum ALMAPIPSI, Tetap Semangat Organisasi Meski Pandemi

Aliansi Mahasiswa Pendidikan IPS Se-Indonesia (ALMAPIPSI), mengadakan Rapat Kerja Wilayah I, bertemakan Mengoptimalkan Eksistensi ALMAPIPSI Bagian Sumatera Melalui Rapat Kerja Wilayah I, secara daring via Google Meet, Ahad (14/03).

 

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta perwakilan dari berbagai Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) IPS Wilayah I, kolaborasi antara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung, IAIN Bengkulu, dan Universitas Pasir Pengaraian Riau. Sebelum rapat kerja dimulai, acara dibuka oleh Alisa Citra Iswanti selaku Ketua Umum ALMAPIPSI.

 

Acara tersebut merupakan musyawarah program kerja Alisa Citra Iswanti, yang nantinya akan dibawa di Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Selanjutnya akan disahkan oleh perwakilan HMJ IPS. Selain itu, membentuk program kerja selama satu tahun ke depan, serta membuat kerja dengan wilayah I terarah dan terstruktur.

 

Alisa Citra Iswanti menjelaskan, sudah menjadi sebuah rutinitas bagi setiap wilayah untuk mengadakan Rapat Kerja Wilayah (Rakwil). Rakwil merupakan sebagai pembuka serta gerbang dari segala kegiatan ALMAPIPSI dalam satu periode, “Namun dengan keadaan pandemi belum bisa berkumpul silaturahmi. Bercengkrama secara langsung dari tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

 

Alisa berharap apapun hasil Rakwil nanti merupakan hasil terbaik, yang diputuskan bersama. Juga sebagai eksistensi ALMAPIPSI kedepannya, “Terlepas nanti bakal di lakukan online ataupun offline, semoga kita tidak akan kalah dengan kondisi yang ada. Terus menggelorakan semangat aktif organisasi dan berprestasi dalam melanjutkan tongkat pengurusan ALMAPIPSI ini,” tambahnya.

 

Lativatul Aini, salah satu Koordinator Wilayah I IAIN Metro mengungkapkan, meskipun pandemi ia bersyukur Rakwil dapat dilaksanakan secara virtual. Tak lupa Lativatul mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu agar kegiatan dapat berjalan dan Universitas wilayah I yang telah berpartisipasi.

 

“Setelah rapat kerja kita hanya membuat program kerja saja, tetapi kita harus melaksanakannya dengan baik dan bisa berjalan dengan baik. Memberikan manfaat bagi masing-masing HMJ IPS dan untuk ALMAPIPSI Indonesia umumnya,” tuturnya.

 

Andres, Wakil Ketua HMJ IAIN Bengkulu menuturkan, dengan diadakan Rakwil baik untuk berkolaborasi dalam hal pendidikan IPS. Juga dapat mengetahui apa saja aspirasi dari masing-masing kampus untuk kemajuan ALMAPIPSI bagian wilayah Sumatera.

 

“Kami harap rapat yang seperti ini tidak sebatas sampai di sini saja, tetapi berkelanjutan agar tetap terjaganya dalam hal berkomunikasi. Sehingga nantinya program kerja bisa tercapai dengan tujuan yang diharapkan,” terangnya.

 

Tak hanya itu, Andreas berpesan agar komunikasi antar delegasi harus ditingkatkan. Supaya mempermudah menjalankan program kerja yang sudah disusun, “Dapat direalisasikan untuk satu tahun ke depan. Juga kalau ada ide atau gagasan yang baru dalam hal kegiatan ALMAPIPSI,” tambahnya.

 

(Reporter/Desty)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0