KKL PAI Angkatan 2019, Muhammad Ali Harapkan Mahasiswa Lahirkan Proyek Bermanfaat

Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan mengusung tema Meningkatkan Kekayaannya Intelektual dan Enterpreneurship di Masa Covid-19, acara pembukaan dilaksanakan melalui virtual Zoom Meeting, Jum’at (3-12-2021).

 

Turut Hadir Wakil Dekan II FTIK, Isti Fatonah, Wakil Dekan III FTIK, Kuryani, Ketua Jurusan PAI, Muhammad Ali, dan 232 peserta mahasiswa PAI angkatan 2019.

 

Muhammad Ali, dalam sambutannya menjelaskan bahwa KKL dilaksanakan selama 4 hari dalam 2 pekan. Kegiatan KKL hanya berlangsung pada hari Sabtu dan Ahad saja, yaitu pada tanggal 3–4 Desember 2021 dan 18–19 Desember 2021, dimana peserta dibagi ke dalam empat kelompok.

 

Kegiatan KKL meliputi pemberian materi mengenai pengembangan perangkat dan instrumen evaluasi pembelajaran, langkah-langkah pengajuan judul, kemudian juga terdapat praktik menyablon dalam rangka materi enterpreneurship.

 

Ali menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan KKL ini adalah sebagai bekal mahasiswa untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Seperti Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), pengajuan judul skripsi, dan sidang munaqosyah.

 

Belum berakhirnya Pandemi, maka membuat pelaksanaan KKL tidak dapat melakukan kunjungan ke luar Lampung. Ia pun berharap, kegiatan KKL dapat melahirkan proyek-proyek yang dapat menjadi kekayaan bagi jurusan PAI sendiri.

 

Muhammad Yusuf Soleh, peserta, mengaku merasa sangat senang karena kegiatan KKL yang sudah lama di nanti dapat terealisasi sesuai yg direncanakan. Menurutnya, KKL ini penting untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman serta mengambil manfaat dari diadakannya KKL.

 

Ia pun berharap, semoga semua unsur, baik dari panitia maupun peserta dapat membangun sinergi dengan baik demi kesuksesan KKL PAI angkatan 2019. “Semoga semua yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar semaksimal mungkin dengan mengharap rida dan berkah Allah Swt,” tambahnya.

 

Antusias juga datang dari Haqi Muhammad, peserta. Namun, terkait beberapa kendala dalam pelaksanaan pembukaan KKL secara daring, ia berharap agar mahasiswa mampu membuat event-event melalui zoom meeting dengan lebih baik dan lebih matang dalam persiapannya.

 

(Reporter/Dicky/Sutiya)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0