Kolaborasi dengan APSI, Sema Fsy Adakan Penyuluhan Kesadaran Hukum

Senat Mahasiswa Fakultas (Sema-F) Fakultas Syariah (FSy) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan Penyuluhan Kesadaran Hukum di Gedung FSy lt. III,Kampus 2, IAIN Metro, Ahad (21-11-2021).

Turut hadir Wakil Dekan III Kemahasiswaan dan Kerjasama FSy, Netty Hermawati, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Lampung sekaligus Narasumber, Imam Ma’arif, Moderator, Milky Yulian, Ketua Umum Sema FSy, Fatma Afriyani, dan 20 peserta.

Netty Hermawati, dalam sambutannya memberikan apresiasi terlaksananya penyuluhan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa Organisasi Mahasiswa (Ormawa) IAIN Metro banyak sekali kegiatan, tetapi pandemi yang belum usai menyebabkan banyak kegiatan tidak terselenggara tepat waktu.

“Dikarenakan anak-anak tidak ada di kampus. Seperti hari ini juga gak mudah, itu kendalanya,” jelasnya.

Imam Ma’arif, dalam materinya menjelaskan bahwa kesadaran hukum adalah cara pandang masyarakat terhadap hukum tersebut. Mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan terhadap hukum, serta penghormatan terhadap hak-hak orang lain.

Menurutnya masyarakat perlu mengetahui apa itu hukum dan semua unsur hukum. Kesadaran hukum juga merupakan faktor untuk memahami apa itu hukum. “Kesadaran hukum merupakan faktor untuk menemukan apa itu hukum,” pungkasnya.

Septa Pratama, Ketua Pelaksana, mengatakan, terdapat keterlambatan mengenai pembukaan acara yang dimulai tidak tepat pada waktunya. Acara yang seharusnya mulai pukul 8 pagi, tetapi baru bisa dimulai sekitar pukul 10 pagi.

Ia pun menjelaskan penyuluhan tersebut diadakan dengan tujuan agar mahasiswa dan masyarakat mengetahui apa itu hukum dan bagaimana kesadaran hukum dalam masyarakat bisa terbentuk.

Tanggapan positif datang dari Jaka Tardika Hertawan, Hukum Tata Negara Islam (HTNI’18). Ia mengatakan bahwa acara ini sangat bagus, apalagi untuk mahasiswa jurusan hukum sepertinya. “Karena mahasiswa sebagai ‘agent of change’ yang mana peran mahasiswa ini dibutuhkan dalam masyarakat terhadap isu-isu sosial dan masalah sosial,” jelasnya.

(Reporter/Elta)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0