Lomba Tahfiz Quran dan Orasi Kebangsaan Mahasiswa Syariah

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Tata Negara Islam (HTNI) mengadakan lomba tahfidz Quran dan Orasi Kebangsaan yang mengusung tema Tingkatkan Mutu Mahasiswa Demi Mewujudkan Generasi Muda Berprestasi dan Qurani, di Gedung Syariah Lt 2 kampus 2 IAIN Metro, Sabtu (05/10).

Turut hadir Ketua Jurusan HTNI, Azmi Siradjuddin, Dosen Fakultas Syariah, Fredy Gandhi Midia, Hendra Setiawan, dan Saifulloh.

Terdapat dua cabang perlombaan dalam kegiatan ini diantaranya lomba Tahfidz Quran dan Orasi Kebangsaan yang diikuti oleh 3 jurusan dari fakultas Syariah yakni HTNI, Hukum Ekonomi Syariah (HESy), dan Ahwal Assyakhsiyah (AS) dengan masing-masing jurusan mengirimkan 4 orang mahasiswa nya dalam setiap cabang perlombaan.

Rizky Putra Darmawan, Ketua Pelaksana mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk melatih kekompakan HMJ HTNI dan juga untuk menunjukkan bahwa mahasiswa fakultas syariah adalah mahasiswa yang berprestasi, dan dapat terasah mental nya, “Sebenarnya semua orang itu pintar, hanya saja malu untuk menunjukkan kemampuannya,” ujarnya.

Azmi Siradjuddin, berharap agar mahasiswa mampu menanamkan 4M, yaitu Membaca, Memahami, Mengajarkan, dan Mengamalkan Alquran itu sendiri. Serta calon sarjana dari perguruan tinggi Islam harus menjadi pionir untuk menjaga Alquran salah satu bentuknya yaitu dengan berani mengadakan kegiatan lomba tahfidz Quran yang bertujuan supaya mahasiswa jangan sampai buta Alquran.

Ali Hasan, salah satu peserta lomba orasi kebangsaan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda positif karena bisa membentuk kepribadian yang intelektual dan Qurani, “Semoga dengan diadakannya acara ini semua panitia maupun peserta dapat mengambil hikmah sesuatu yang bermanfaat yaitu dalam perlombaan tahfidz bisa mengasah kembali bacaan Alquran nya, dan dalam lomba orasi juga bisa melatih public speaking yang baik,” katanya saat diwawancarai Kronika.

Zahrotus Saniah, peserta lomba Tahfidz Quran mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang bagus, ada 2 bidang yang dapat diikuti disini, “Dengan diadakannya acara ini mahasiswa memiliki sisi agamis dan nasionalisme yang masing-masing seimbang tertanam,” pungkasnya.

(Reporter/Novia/Antika)

One thought on “Lomba Tahfiz Quran dan Orasi Kebangsaan Mahasiswa Syariah

  1. Semangat terus untuk temen2 HTNI… Dan trimakasih untuk kronika sudah mau meupload kegiatan2 HMJ HTNI, semoga kedepan semuanya lebih baik dan sukses terus.. Aamiin

Comments are closed.