LPM Ukhuwah, Cetak Jurnalis Cerdas Melalui Diklatsarjur

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Dasar (Diklatsarjur) ke-XXIII dengan tema Smarter Understanding For a Smarter Journalist. Bertempat di Gedung Rafa Tower UIN Raden Fatah, Selasa (21-09-2021).

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, dimulai pada Selasa sampai Kamis (21–23 September 2021). Kemudian berakhir dengan praktik liputan pada Sabtu (25 September 2021). Sebanyak 30 peserta dari berbagai jurusan UIN Raden Fatah yang mengikuti kegiatan ini.

 

Pada hari pertama, peserta Diklatsarjur memperoleh materi mengenai kode etik jurnalistik oleh Prawira Maulana dari Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Palembang. Lalu dilanjutkan oleh Nova Wahyudi selaku pemateri fotografi dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang.

 

Selanjutnya, di hari kedua dilanjutkan penyampaian materi mengenai tulis oleh Founder Kabar Sumatera, Imron Supriyadi. Dilanjutkan dengan materi designgrafi oleh Raenal Fikri. Kemudian pada hari ketiga akan disampaikan materi mengenai videografi oleh Ary Priyanto dari Mata Kamera.

 

Ilham Panutan, Ketua Pelaksana, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran peserta Diklatsarjur merupakan sebuah tantangan. “Hadirnya ke 30 peserta ini bukanlah sebuah ajakan, namun tantangan. Saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang sudah berani menerima tantangan ini, karena sudah berani menerima tantangan panitia untuk dapat membuka, membangun, dan mengeksplor diri lebih jauh lagi mengenai kejurnalistikan,” ujarnya.

 

Tri Wahyudi, Pemimpin Umum LPM Ukhuwah, berharap materi yang disampaikan dapat diimplementasikan oleh para peserta. Tak hanya itu, mampu diterapkan saat resmi menjadi anggota, “Diharapkan seorang Jurnalis bisa cerdas, dan mampu mencerdaskan rekan sekitarnya dengan karya-karya yang ia ciptakan,” katanya.

 

(Reporter/Antika)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0