Mapala Bagikan 4000 Bibit Tanaman Untuk Kota Metro Lestari

Ikatan Mahasiswa pecinta alam (Mapala) se Kota Metro, mengadakan penanaman pohon dan pembagian bibit pohon yang dilaksanakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Yosodadi, Sabtu (19/06).

 

Kegiatan ini diikuti oleh Mapala Jurai Siwo (IAIN Metro), Mapala Matrix (Universitas Muhammadiyah Metro), Mapala Anoa (Sekolah Tinggi Olahraga Kota Metro), dan Mapertapala (Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Dharma wacana). Untuk memperingati hari degradasi lahan dan kekeringan sedunia, serta Kota Metro yang lestari.

 

Sebanyak 4000 bibit pohon yang terdiri dari lima jenis pohon yang dibagikan. Di antaranya pohon Ketapang, Mahoni, Gaharu, Jengkol, Jambu Biji, dan sirsak. Sekitar 250 bibit dibagikan di desa Yosodadi, 175 ditanam di daerah aliran sungai, dan sisanya akan dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam.

 

Habib Abdurahman, Koordinator Pelaksana mengungkapkan bahwa, penanaman pohon ditempatkan pada sisa ruang kosong diantara pepohonan sepanjang daerah aliran sungai, “Pepohonan itu bisa menahan tanah agar tidak longsor, dan untuk warga Yosodadi kita cuma bagiin biar ditanam dan dirawat sendiri,” ujarnya.

 

“Yang dibagikan ke warga itu kombinasi dari lima jenis bibit tanaman yang ada. Biar ngga ada kecemburuan sosial antar warga, tapi lebih di banyakin bibit buahnya,” imbuhnya.

 

Adjie Nur Astya Benazha, peserta Mapala Matrix, mengungkapkan rasa kagumnya dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, “Dari saya sendiri itu bagus sih, kita mengajak masyarakat buat menanam dan buat merawat bibit itu,” ungkapnya.

 

“Semoga enggak cuman kali ini aja gitu. Jadi ke depannya itu masih ada dan pohon-pohon yang mudah ditanam itu bisa dirawat, bisa tumbuh, dan bisa menghasilkan oksigen yang banyak buat Mereka,” harapnya.

 

Siti Romlah, salah satu warga Yosodadi mengungkapkan, kegiatan ini dapat menunjang masyarakat untuk menanam pohon, “Harapan saya semoga untuk pembagian pokok tanaman ini bisa diperluas lagi, tidak hanya di daerah Yosodadi saja,” ujarnya.

 

(Reporter/Frea/Salsa)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0