OCM 1 2020 Kronika, Berikan Nafas Baru Bagi Tegaknya Demokrasi

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Kronika melaksanakan kegiatan Orientasi Calon Magang (OCM) 1 yang mengusung tema Membentuk Jiwa Persma yang Kritis di Era Krisis, di gedung Muhammad Rasyidi, IAIN Metro, Sabtu (17/10). Acara akan berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu.

 

OCM merupakan agenda rutin setiap semester sebagai ajang penjaringan calon anggota baru UKPM Kronika. Turut hadir oleh Wakil Rektor (Warek) III, Ida Umami, perwakilan setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK), serta 48 peserta calon magang.

 

Terdapat tiga materi yang diberikan pada hari pertama yaitu Sejarah Kronika yang disampaikan Siti Fatonah, kemudian dilanjutkan materi 9 elemen Jurnalistik oleh Elsa Putri, ditutup dengan materi Teknik Menulis Berita oleh Falah Abdul Rahman.

 

Pada hari kedua, peserta akan diberi materi Teknik Menembus Narasumber oleh Fahriyani, kemudian ditutup dengan materi Kronika TV yang disampaikan Edi Purnomo.

 

Warek III, Ida Umami, mengatakan, janganlah menulis berdasarkan subjektivitas, menulislah sesuai dengan objektivitas fakta yang ada, “Hampir separuh berita yang beredar dimana-mana saat ini berita hoax dan salahnya kita selalu bangga jadi penyebar berita yang pertama, tanpa mengecek kebenaran berita tersebut,” ungkapnya.

Antika Wijayanti, ketua pelaksana, menuturkan, sesuai dengan tema OCM kali ini, “Saat ini pers mahasiswa semakin sulit untuk berkembang. Beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya jiwa-jiwa kritis mahasiswa. Diantaranya krisis eksistensi, krisis kepercayaan, serta adanya tekanan dari pihak internal maupun eksternal,” katanya.

 

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami mengajak teman-teman untuk bersama-sama memberikan nafas baru bagi tegaknya demokrasi,” pungkasnya.

 

Sedangkan Ahmad Syukron Tamim, Pemimpin Umum UKPM Kronika, berharap, dengan mengikuti orientasi calon anggota dapat dijadikan sebagai pondasi yang kuat untuk menjadi pers mahasiswa yang kritis dan menjunjung tinggi kebenaran.

 

Salah satu peserta OCM, Ajeng Selvira Pramesti, berharap, jika setelah mengikuti acara ini bisa lebih mengenal Kronika dan bisa mendapatkan ilmu yang berguna.

 

(Reporter/Hesti)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *