OCM I, Babak Baru Anggota Persma yang Kritis dan Loyalis

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Kronika mengadakan Orientasi Calon Magang (OCM) I Tahun 2019/2020, bertempat di gedung Muhammad Rasyidi Kampus I IAIN Metro, Sabtu (31/08). OCM ini akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 31 Agustus-1 September mendatang.

Kegiatan ini merupakan agenda rutinan sebagai ajang rekrutmen anggota baru, yang dilaksanakan dua kali dalam setahun. OCM kali ini mengambil tema Membentuk Pribadi Persma yang Kritis dan Loyalis, yang dihadiri oleh Perwakilan Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), serta 70 peserta.

OCM di hari pertama, Kronika memberikan 2 materi dasar pers, yaitu Sejarah Kronika yang dibawakan oleh Siti Fatonah, dilanjutkan dengan materi 9 Elemen Jurnalistik oleh Ulfa Diayanti. Pada hari kedua akan dilanjutkan 3 Materi, yaitu Teknik Menembus Narasumber oleh Puji Astuti, materi Teknik Menulis Berita, Ahmad Surya Atmaja, serta materi Kronika Tv oleh Kahfi Anwari.

Edi Purnomo, Ketua Umum UKPM Kronika mengatakan OCM ini merupakan gerbang utama yang ingin berkarya di kronika. “Mengikuti organisasi banyak sekali tantangannya, tidak semata-mata hanya masuk organisasi¬† terus banyak ilmu yang didapat, kita harus bercermin layaknya singkong, perlu waktu yang lama untuk menghasilkan singkong yang baik,” ujarnya.

Syarif Hidayatullah, Ketua Pelaksana menuturkan sesuai tema OCM kali ini yaitu kritis itu berarti harus peka terhadap lingkungan, peka terhadap sesuatu yang baru, dan peka terhadap informasi. Loyalis itu berarti harus menanamkan rasa memiliki kronika, “Tanamkan apa yang kita bisa berikan untuk kronika,” pungkasnya.

Titi Fatimah, salah satu peserta mengungkapkan acara OCM Kronika menarik,¬† membuka wawasan tentang sejarah kronika, dan juga jurnalisitik, “Masih kurang kebersamaannya karena belum tau semua nama kakak tingkat, dan waktu makan siang saran aku makan bareng sama kakak kakaknya,” katanya saat diwawancarai Kronika.

(Reporter/Novia)