Pembekalan Calon Santri Mahasiswa Baru Fakultas Syariah

Fakultas Syariah IAIN Metro mengadakan pembekalan Calon Santri Mahasiswa Baru Fakultas Syariah tahun 2020, di Aula Fakultas Syariah lt. II IAIN Metro, Selasa (27/10).

 

Turut hadir Dekan Fakultas Syariah, Husnul Fatarib sekaligus membuka acara, Muhammad Nashruddin yang merupakan salah satu ustadz Ma’had Wadi Ar-Rayyan Fakultas Syariah yang menjadi pemateri, S. Efendi, Pengelola Ma’had Wadi Ar-Rayyan sekaligus Kasubag Syariah beserta jajarannya, serta 55 mahasiswa dari 3 jurusan yaitu Hukum Tata Negara (HTN) sebanyak 8 mahasiswa, jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak 28 mahasiswa, dan Hukum Ekonomi Syariah (HESy) dengan 19 mahasiswa.

 

Husnul Fatarib, menjelaskan, “Kegiatan Ma’had akan kita optimalkan dalam 1 bulan setengah ini dan ada beberapa dosen kita yang akan mengisi kuliah umum. Ada kegiatan yang dilakukan secara tatap muka seperti ini dan untuk yang laju akan disediakan daring, dengan biaya yang terjangkau insyaallah lebih rendah daripada adik-adik ngekost, jadi santri itu keren! mondok itu keren!” jelasnya.

 

Sedangkan S. Efendi, Sekretaris Ma’had Fakultas Syariah, mengatakan, “Acara ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi tentang kebijakan Dekan Fakultas Syariah bahwa Fakultas Syariah memiliki kebijakan untuk mahasiswa semester 1 yang diwajibkan mengikuti program Ma’had Fakultas selama 2 semester,” ujarnya.

 

“Jadi tujuannya dalam rangka menghadapi input mahasiswa yang notabene berlatar belakang tidak memahami cara baca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sedangkan outputnya, dapat memahami ajaran Islam secara kaffah,” kata Dia.

 

Sofi Nadia, salah satu peserta dari HESy, mengatakan, “Menurut saya itu baik sih, soalnya kita juga yang bukan lulusan dari pondok bisa tahu dan belajar, terutama tentang bahasa Arab. Apalagi kita kan ada mata kuliah bahasa Arab, jadi dasar-dasarnya kita bisa belajar,” jelasnya.

 

Kemudian Ahmad Zikri Khoirul Anam, AS, mengatakan, “Saya suka acara ini, apalagi pembahasan materi bapak Nashruddin tentang pengembangan ma’hadnya dan lain-lain, bisa berkembang dengan baik dan maju terus,” harapnya.

 

(Reporter/Yulinar)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0