Pembelajaran Semester Ganjil, IAIN Metro Gunakan Platform Moodle

Berdasarkan rapat terbuka pada Kamis, 18 Juni lalu, IAIN Metro menetapkan perkuliahan semester ganjil akan dilaksankan daring. Beralihnya sistem pembelajaran ini juga akan merubah modelnya, model pembelajaran blended (pembelajaran di kelas maupun di rumah,. red) akan diterapkan.

 

“Berdasarkan Permintaan dari Wakil Rektor (Warek I), Suhairi, bahwa semester ganjil tahun ini kemungkinan akan diadakan kuliah menggunakan model pembelajaran blended, dikarenakan kondisi sekarang yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pembelajaran luring. Hal ini berlaku bagi mahasiswa sarjana maupun pascasarjana,” kata Umar, Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Metro saat diwawancarai Kronika, Senin (24/08).

 

Terdapat perbedaan antara kuliah daring semester ini (semester ganjil,. red) dengan semester kemarin (semester genap,. red) yaitu pada semester ini dosen wajib menggunakan aplikasi yang sudah disiapkan oleh TIPD, Aplikasi tersebut bernama Moodle atau Modular Object-Orientyd Dynamic Learning Environment.

 

Moodle merupakan platform yang dibuat khusus sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran. Moodle dibangun sudah menjadi Learning Management System (LMS) artinya karena aplikasi ini sifatnya LMS, maka di situ sudah ada bagian akademiknya, administratornya yang mengelola siswa dan dosennya.

 

Aplikasi Moodle telah memiliki lisensi yang open source, artinya Moodle telah mempunyai hak cipta, tetapi tetap dapat di copy oleh orang lain (lembaga kampus,. red), serta bisa dimodifikasi.

 

“Jadi kita menggunakan platform itu, sedangkan servernya menggunakan server internal dengan perangkat seadanya. Aplikasi diinstal, kemudian ditanam pada server kita, lalu dikembangkan,” jelas Umar.

 

Umar menyebutkan, “Aplikasi ini sudah lama ada, hanya saja karena lembaga menunggu server datang beberapa waktu lalu server baru bisa diinstal. Baru minggu lalu (sekitar belasan Agustus,. red) kita selesai instal, masih dalam tahap uji coba internal,” ujarnya.

 

Alasan mengapa IAIN Metro memilih platform tersebut untuk pembelajaran daring, karena Moodle telah digunakan oleh perguruan tinggi dan lembaga-lembaga kursus dunia.

 

Sebelum Moodle, kampus memiliki aplikasi yang dibangun sendiri. Aplikasi tersebut mengacu ke Moodle, hanya saja karena sudah lama tidak dikembangkan dan ketinggalan dari sisi template nya dari sisi konten, “Maka tahun ini (tahun 2020,. red) kampus coba membangun sekaligus akan menerapkan di semester ini (semester ganjil,. red) kalau tidak ada kendala,” kata Umar.

 

Dosen dan mahasiswa tinggal masuk ke kelas itu (Moodle,. red), sehingga semua pembelajaran bisa dipantau, “Dan insyaAllah untuk perihal fitur, hampir sama seperti aplikasi pembelajaran lainnya, hanya saja aplikasi Moodle ini akan lebih lengkap. Terdapat fitur diskusi daring berbasis chat atau teks, bahkan sampai ke evaluasi hingga ujian,” jelasnya.

 

“Kalau memungkinkan server kita, kita akan aktifkan fitur yang mendukung pembelajaran tatap muka,” pungkasnya.

 

Uji coba langsung dilaksanakan pada semester ini (semester ganjil,. red). Uji coba yang dilaksanakan adalah uji coba pada server, bukan aplikasinya. Lantaran aplikasi tersebut sudah teruji.

 

Setelah dilakukan uji coba server, kampus akan mengadakan sosialisasi untuk para dosen. Karena aplikasi tersebut baru akan digunakan di IAIN Metro dan belum banyak dosen yang menggunakan aplikasi Moodle. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana cara kerja aplikasi, “Kemungkinannya sosialisasi akan dilakukan dengan dua pola yaitu dengan Seminar atau Webinar,” kata Dia.

 

Umar menambahkan, berdasarkan kesepakatan pada saat rapat yang membahas mengenai pembelajaran daring, tidak ada aplikasi lain yang digunakan oleh dosen kecuali Moodle, halaman situs yang bisa diakses untuk pembelajarannya yaitu e-learning.metrouniv.ac.id.

 

Berikut juga ada panduan mengenai Moodle

https://www.niagahoster.co.id/blog/moodle-adalah/  dan

Panduan Moodle Definisi, Kelebihan Serta Cara Menggunakannya

 

(Reporter/Amel/Rizki)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0