PGM XXI IAIN Metro Perkokoh Persaudaraan Pramuka Sumbagsel

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka IAIN Metro mengadakan Perkemahan Gema Muharam (PGM) XXI Tingkat Penegak se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) 2019 yang mengusung tema Membentuk Karakter Pramuka Sebagai Insan Islami yang Berjiwa Patriotis, Kreatif, Inovatif, dan Jawara, di lapangan Kampus 15A Iring Mulyo, Metro Timur, Jumat (27/09). Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, sejak 26 hingga 29 September.

PGM merupakan agenda tahunan bagi Racana Radin Inten II dan Puteri Kandang Rarang Gugus Depan 08.08.04.401-402, kegiatan ini ditujukan untuk Gugus Depan SMA/MA/SMK Sederajat se-Sumbagsel. Diadakannya PGM ini untuk membina dan mengembangkan mental, fisik dan pengetahuan, mengembangkan kepemimpinan, serta kemampuan mengelola organisasi dan kegiatannya.

Turut hadir Wakil Rektor II, Mukhtar Hadi, Dewan Kerja Lampung (DKL), Camat Metro Timur, Kwartir Daerah Kota Metro, dan perwakilan Pramuka dari Universitas yang ada di Lampung, serta 530 peserta PGM yang terdiri dari 260 peserta putra dan 270 peserta putri.

Dibuka dengan persembahan tari kreasi muli ngantak pengasan oleh UKK pramuka IAIN Metro, dilanjutkan dengan pengibaran bendera, setelah itu dengan pengucapan pancasila dan pembukaan UUD 1945 serta dasar darma pramuka, kemudian diakhiri dengan pemukulan gong oleh Warek II sebagai simbolis dimulainya kegiatan PGM XXI 2019.

Ketua Pelaksana, M. Munif Jazuli menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh persaudaraan, kebersamaan, keperdulian, dan keihklasan. Memberi arahan supaya mereka kreatif, inovatif, dan produktif yang mengarah kepada kemampuan mandiri, “Dalam kehidupannya dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman,” tegasnya.

Mukhtar Hadi berharap, semua peserta PGM bisa menempa skill kepramukaan melalui metode perlombaan dan dapat meningkatkan penghayatan nilai-nilai kepramukaan seperti satya dan dharma pramuka.

Rio Apriyanto, Peserta PGM Asal SMK Widya yahya Gadingrejo mengatakan, acaranya cukup asik, bisa kenal satu sama lain dari berbagai daerah, semoga lebih ditingkatkan lagi kedepannya.

Senada dengan Rio, Reni Setia Wati, peserta PGM asal SMK N 1 Braja Selebah mengungkapkan, pertama kali mengikuti perkemahan ini, “Senang bisa dapet teman dan pengalaman baru,” Katanya saat diwawancarai Kronika.

(Reporter/Novia)