PPL-DR FTIK Diikuti 640 Mahasiswa

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Metro adakan pelepasan Praktek Pengalaman Lapangan Dari Rumah (PPL-DR), disiarkan via Zoom Meeting dan kanal YouTube LPPM IAIN Metro, Senin (12/10).

 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor (Warek) I Suhairi, Dekan FTIK, Akla, jajaran panitia, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta mahasiswa FTIK angkatan 2017 yang menjadi peserta PPL-DR sebanyak 640, terdiri dari 189 mahasiswa PAI, 51 mahasiswa PBA, 153 mahasiswa TBI, 92 mahasiswa PGMI, 44 mahasiswa PIAUD, 33 mahasiswa Tadris Matematika, 95 mahasiswa Tadris Biologi, dan 30 mahasiswa Tadris IPS.

 

Dalam laporannya, ketua pelaksana, Isti Fatonah, mengatakan, PPL-DR akan dilaksanakan selama 40 Hari yang dimulai 12 Oktober—20 November 2020 mendatang.

 

Peserta akan diberikan subsidi berupa uang Rp50.000 yang akan ditransfer ke nomor rekening masing-masing peserta. Mahasiswa PPL-DR akan diberikan tugas membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membuat video yang akan dinilai oleh DPL masing-masing kelompok.

 

Suhairi mengatakan, mahasiswa PPL-DR ini harus memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya, karena orientasinya mahasiswa FTIK menjadi guru, “Ketika sudah lulus S1 harusnya sudah menguasai tentang metode pembelajaran, karena PPL-DR didampingi oleh DPL,” ujarnya dalam sambutan.

 

Ia berharap, “PPL-DR ini tetap harus maksimal, tidak boleh kalah dengan PPL sebelumnya yang dilakukan tidak daring,” harapnya.

 

Eka Annisa Yuli, peserta dari TBI’17, mengatakan, pertama kalinya diadakan PPL berupa daring seperti ini, “Masih bingung sebenarnya tentang prosedur pelaksanaanya, mahasiswa dituntut harus lebih kreatif dan aktif,” katanya.

 

Sedangkan Wahyu Eka Yuliana, PAI’17, mengungkapkan, PPL-DR merupakan solusi di masa pandemi. Selain itu, penggunaan media sosial dapat melatih mahasiswa agar tidak ketinggalan teknologi di zaman modern.

 

(Reporter/Amel)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0