Runtutan Ihwal Seminar dan Pelatihan Jurnalistik UKPM Kronika

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Kronika IAIN Metro akan menggelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (PJMTD) se-Lampung dan Seminar kepenulisan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Dua acara yang di gelar oleh Kronika, akan menggait peserta pada masing-masing ranahnya. Seminar akan menggait peserta dari umum. Peserta boleh berstatus pelajar, Mahasiswa, Wiraswasta, PNS dan Lainnya. Khusus untuk PJMTD, peserta hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi jurnalistik dan di delegasikan atas persetujuan Pemimpin Umum pada masing-masing organisasi Pers Mahasiswa.

Seminar akan menjadi agenda pertama setelah pembukaan. Acara yang akan menggandeng Adian Saputra dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Jejamo.com dengan materi Kiat Menulis Agar di Muat Media, akan memberikan ilmu secara langsung kepada peserta bagaimana caranya agar tulisan yang dibuat oleh peserta dapat dimuat oleh media dan hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Pada sesi Pelatihan Jurnalistik, yang mengusung tema Berliterasi dengan Etika. Kronika menggandeng dua pemateri berkompeten pada bidangnya, yakni Juwendra Ardiyansyah, Pemimpin Redaksi Dua Jurai.co dengan materi Tehnik Penulisan Feature dan Hendry Sihaloho, Ketua Aliansi Jurnalis Independen Bandar Lampung dengan materi Undang-Undang Pers.

Rencananya acara ini akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Oktober 2019, dimulai pada 08.00 WIB di kampus IAIN Metro. Pendaftaran dibuka pada 25 September-4 Oktober dengan membatasi kuota peserta. Untuk PJMTD, akan dibatasi sampai 25 peserta dan seminar kepenulisan disediakan 85 kursi saja.

Edi Purnomo, Pemimpin Umum UKPM Kronika mengatakan, seminar yang dilaksanakan pada bulan depan ini akan menjadi media penambah wawasan dan ilmu yang nantinya sangat bermanfaat.

“Serta, ingin memfasilitasi yang suka menulis dan ingin mepublikasikan melalui media. Agar tulisannya dibaca oleh banyak orang,” Pungkasnya.