Sekretaris UPI: Sabtu Depan Kemungkinan BBTQ Sudah Berjalan

Unit Pengembangan Islam (UPI) IAIN Metro mengadakan Placement Test Belajar Baca Tulis Alquran 1 (BBTQ 1), di gedung Al Biruni Kampus 1 IAIN Metro, Sabtu (07/09).

Placement test diikuti 1800 peserta dari mahasiswa baru dan mahasiswa lama, terdapat 64 kelompok dengan masing-masing lokal terdapat 30 mahasiswa. Kegiatan ini dimulai dari pukul 7.30-15.00 WIB, dengan 4 sesi. Peserta diwajibkan menggunakan baju koko dan peci bagi laki-laki dan gamis bagi perempuan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan salah satu visi IAIN tentang target bahwa mahasiswa lulusan dari IAIN harus mampu menguasai baca tulis Alquran.

Sudirman, Sekretaris UPI Mengatakan, kelulusan peserta akan secepatnya diumumkan dalam minggu-minggu ini, “Karena Sabtu depan kemungkinan BBTQ sudah mulai berjalan,” ujarnya.

“Semoga dengan adanya placement test ini dapat memudahkan para tutor dan dosen dalam membimbing mahasiswa yang mengikuti kelas BBTQ 1 nanti,” tambahnya.

Rahma Mustika Kanapi, Pengawas di ruang placement test mengatakan, tes hari ini berjalan lancar begitu juga dengan pesertanya kondusif, “Semoga dengan diadakannya BBTQ ini mahasiswa akan semakin lebih maju lagi dalam mengembangkan baca tulis Alquran serta lebih giat lagi dalam mengaji dan beribadah terutama,” katanya saat diwawancarai Kronika.

Silvia Ananti, salah satu peserta placement test jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HESy) mengatakan, tesnya tidak terlalu sulit karena hanya menyebutkan bacaan tajwid dan salat, “Semoga ke depannya dapat mengikuti BBTQ ini dan menambah ilmu pengetahuan tentang agama Islam seperti baca tulis Alquran,” pungkasnya.

(Reporter/Zuki/Ravi)