Tambah Wawasan Bahasa Arab, HMJ PBA Hadirkan Pemateri dari International Islamic University

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Metro menggelar webinar nasional dengan mengusung tema Kebahasaan, dilaksanakan via Zoom Meeting, Ahad (18/07).

 

Terdapat dua narasumber dalam webinar tersebut, yaitu Khoirurrijal, Ketua Jurusan (Kajur) Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro, dan Muhammad Jundi Robbani, Pascasarjana dari International Islamic University, Islamabad. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang kebahasaan, khususnya bahasa arab.

 

Agus Choirul Anwar, Ketua Pelaksana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan terkait kebahasaan selalu dilaksanakan setiap tahun, “Sangat luar biasa di musim pandemi begini masih banyak yang haus akan pengetahuan walaupun secara virtual. Semoga pandemi segera berlalu dan acara seperti ini bisa dilaksanakan lebih kondusif lagi,” ungkapnya.

 

Dalam webinar kali ini, Agus menjelaskan terdapat dua materi yang disampaikan. Materi pertama tentang cara terbaik untuk memperoleh empat keterampilan bahasa Arab. Kedua, materi tentang Implementasi aturan bahasa Arab dan tantangannya bagi anak-anak non Arab.

 

Kuryani, Wakil Dekan III, dalam sambutannya megatakan bahwa acara webinar ini sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa PBA. Untuk menambah wawasan supaya tidak merasa bahwa berada pada dunia yang sempit, “Ibarat bahasa itu kita sudah merasa puas dan hebat tapi dalam wilayah yang sempit,” ungkapnya.

 

Ia juga menyampaikan bahwa untuk menjadi lebih baik dan berkembang tentu perlu membuka wawasan, pengetahuan, dan pengalaman. Sehingga melalui kegiatan seperti ini, peserta mendapatkan manfaat untuk dapat bersosialisasi secara aktif dalam webinar kali ini.

 

Pujianto, Ketua HMJ PBA menyampaikan, tujuan diadakannya webinar ini sebagai ajang menjalin silaturahmi antar mahasiswa jurusan bahasa arab, “Materi yang disampaikan pemateri jelas dan sudah sesuai dengan tema webinar nasional kali ini. Semoga pandemi segera berakhir agar bisa mengadakan acara secara luring,” ujarnya.

 

Imroatul Jamilah, PBA’21, memberikan apresiasinya diadakannya acara ini. Ia senang mendapatkan ilmu yang cukup dari materi yang disampaikan, “Pemateri tadi menyampaikan kalau ada empat keterampilan berbahasa arab, yaitu isma’, muhadatsah, qira’ah, dan kitabah. Semoga dengan ini saya bisa memahami bahasa arab dengan baik dan benar. Baik secara lisan maupun tulisan,” ujarnya.

 

(Reporter/Salsa)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0