Tingkatkan Kecakapan Relawan Muda PMI Lewat Pendidikan Skill

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) IAIN Metro mengadakan pendidikan skill anggota KSR-PMI dengan mengusung tema “Realisasi Relawan Muda dalam Meningkatkan Skill Kepalang Merahan“, bertempat di GSG  IAIN Metro, Minggu (29/4).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yakni 29-30 April 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh pembina UKK KSR-PMI, dosen, UKK dan UKM serta 28 anggota UKK KSR-PMI IAIN Metro. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Hasanuddin Muhammad, dosen IAIN Metro.

Netty Hermawati,  Pembina UKK KSR-PMI menuturkan, kegiatan ini bertujuan memberikan kecakapan dasar dalam kegiatan kepalang merahan.

“Anggota KSR harus mampu memepersiapkan diri menjadi relawan yang berkesempatan mewujudkan sinergitasnya di dalam maupun luar kampus,” ujarnya.

Netty berharap, semua anggota KSR dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik serta mampu menerapkan pendidikan skill KSR sebagai landasan menjadi relawan PMI yang berkompenten, sinergi dalam setiap acara.

Viki Virgianto, Ketua Pelaksana, mengatakan, anggota KSR-PMI akan melaksanakan pendidikan lanjutan yang berupa pertolongan pertama saat kecelakaan, pertolongan gawat darurat saat terjadi bencana dan lain-lain.

“Namanya kami sebagai relawan PMI, selain kami harus siap tanggap dalam bencana, kami juga harus memiliki pengetahuan yang lebih mumpuni tentang kepalang merahan,”tambahnya.

Vicky menambahkan, Anggota KSR-PMI harus tetap menjaga solidaritas, keutuhan anggota dan menjadi relawan PMI yang netral.

Rika Nuriya, anggota UKK KSR-PMI berharap, “KSR bisa menjadi lebih baik dan kita menjadi manusia yang berguna sesuai dengan tujuan PMI yaitu membantu sesama manusia”.(Reporter/Febry)