Tokoh-tokoh Penting Paling Berjasa di Hari Kemerdekaan Bangsa

Hari ini, tepatnya 17 Agustus 1945 rakyat Indonesia memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) bangsa Indonesia yang ke 74. Dimana bangsa yang sudah lama terjajah akhirnya dapat bebas dari jeratan penjajah.

Bukan perkara mudah untuk merebut kembali hak kemerdekaan sebuah bangsa. Seperti yang kita ketahui banyak sekali pahlawan yang mengorbankan nyawa demi kemerdekaan hidup layaknya manusia.

Namun sayangnya banyak generasi muda yang seakan tak peduli pada bangsanya. Jangankan sejarah negara lain, sejarah negeri sendiri saja tak tahu. Layaknya pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, bagaimana kita dapat mewujudkan rasa nasionalisme bila tak terlalu mengenal bangsa sendiri.

Banyak sebagian pemuda Indonesia hanya mengenal pahlawan hanya dari lembar mata uang, seperti Ir Soekarno dan Drs Muhammad Hatta. Namun,  masih banyak sekali tokoh-tokoh yang berjuang untuk kebebasan negaranya.

Siapa saja kah tokoh tersebut? Berikut pembahasannya:

1. Abdul Latif Hendraningrat
Masih banyak yang belum mengetahui siapa tokoh pengibar bendera merah putih saat proklamasi berlangsung. Tokoh tersebut merupakan Abdul Latif Hendraningrat yang didampingi oleh Soehoed  Sastro Koesoema seorang pemuda dari barisan pelopor dan Tri Murti.

Abdul Latif Hendraningrat lahir di Jakarta tanggal 15 Februari 1911 dan wafat di Jakarta tanggal 14 Maret 1983. Ia merupakan salah satu anggota prajurit PETA yang berpangkat Sudanco (komandan kompi).

2. B.M Diah
Burharuddin Moehammad Diah merupakan salah satu tokoh yang berperan dalam terjadinya proklamasi. Ia merupakan seorang pengusaha, diplomat, pers, dan pejuang kemerdekaan. Ia berperan menyiarkan berita kemerdekaan republik Indonesia ke  seluruh penjuru nusantara. B.M Diah lahir di Banda Aceh tanggal 7 April 1917 dan wafat di Jakarta 10 Juni 1996.

3.Frans S Mendur
Frans S Mendur merupakan sosok dibalik layar yang mengabadikan peristiwa proklamasi berlangsung. Ia merupakan wartawan yang bertugas mengambil gambar saat proklamasi berlangsung. Frans S Mendeur lahir di Sulawesi Utara, 16 April 1913 dan wafat di Jakarta, 24 April 1971.

4. Soewirjo
Saat proses proklamasi berlangsung, Soewirjo merupakan seorang gubernur Jakarta Raya kala itu. Ia yang berperan dalam dalam mempersiapkan proklamasi serta mengusahakan agar kegiatan berlansung secara aman. Soewirjo lahir di Wonogiri, 17 Februari 1903 dan wafat wafat di Jakarta, 27 Agustus 1967.

5. Fatmawati
Selain sebagai istri dari Ir Soekarno, ia merupakan sosok yang menjahit bendera merah putih yang akan dikibarkan  pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta.
Fatmawati atau yang memiliki nama asli Fatimah lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923 dan wafat Kuala Lumpur, Malaysia, 14 Mei 1980.

Itu tadi pahlawan berjasa dibalik kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga dengan mengenal mereka dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa sendiri. Selamat hari kemerdekaan! Dirgahayu bangsaku!

(Penulis/Atika Putri)

Sumber :
https://jatim.tribunnews.com/amp/2018/08/13/hut-ri-ke-73-berikut-8-tokoh-yang-berjasa-saat-proklamasi-kemerdekaan-indonesia-17-agustus-1945?page=3

https://www.extramarks.id/blog/inspirasi/tokoh-penyusun-teks-proklamasi-1170/amp/#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Frans_Mendur