Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Idul Adha sudah di depan mata. Seluruh orang tentunya amat bersukacita menyambut hari raya kurban tersebut, tak terkecuali umat muslim di belahan dunia lain. Beberapa negara bahkan punya tradisi unik ketika Idul Adha tiba.

Di Indonesia, perayaan ini biasanya dimulai dengan salat Id berjamaah. Dilanjutkan prosesi penyembelihan hewan kurban, serta memasak dan menyantap bersama-sama jatah daging yang diterima dari hasil berkurban tersebut.

Beda negara, berbeda pula tradisi yang umumnya dilakukan. Jika negara kita cenderung meriah dalam merayakan Idul Fitri, hampir seluruh negara Arab justru lebih ‘niat’ ketika menyambut hari raya kurban.
Lantas bagaimana perayaan Idul Adha di negara-negara lain tersebut? Yuk simak rangkumannya berikut:

1. Pakistan, libur 4 hari
Mendekati Idul Adha, pemerintah negara ini memberikan jatah libur 4 hari kepada seluruh masyarakatnya. Selain untuk mempersiapkan hari raya kurban, libur yang diberikan oleh tersebut dimanfaatkan oleh warga Pakistan agar bisa lebih khusyuk menunaikan ibadah puasa Arafah.

2. India, mudik
Seperti orang-orang muslim di Indonesia saat Lebaran, masyarakat India juga memiliki tradisi mudik alias pulang kampung. Uniknya, mereka justru melakukan ini menjelang perayaan Idul Adha. Stasiun kereta api akan dipenuhi oleh lautan manusia yang hendak mudik. Bahkan mereka rela berdesakan untuk bisa merayakan Idul Adha bersama sanak saudara di kampung masing-masing.
Tak hanya itu, Umat muslim di India memang diperbolehkan menyembelih sapi saat Iduladha. Namun, untuk menghargai warga Hindu yang sebagian menganggap sapi, lembu, atau kerbau sebagai hewan suci, para ulama Islam dan kelompok-kelompok muslim di India menyarankan agar menyembelih jenis binatang kurban lainnya, semisal kambing.

Salah satu hidangan khas Iduladha di India adalah nalli nihari yang berbahan daging dan dimasak cukup lama dengan berbagai macam jenis rempah-rempah. Dikutip dari Gotravelly, nalli nihari biasanya disajikan bersama sayuran segar dan daun ketumbar.

3. Arab Saudi, kurban unta
Jika hewan kurban lumrahnya kambing, sapi, atau domba, masyarakat Arab Saudi lebih memilih unta untuk dikurbankan. Sesuai tradisi, nantinya daging kurban dari Pemerintah Kerajaan negara tersebut nantinya akan dibagikan kepada negara-negara lain seperti di kawasan Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan.

4. Mesir, pesta daging
Menurut situs pariwisata Mesir, Ask Aladdin, masyarakat Mesir merayakan Idul Adha dengan menyantap makanan serba daging. Daging tersebut sengaja dipotong kotak-kotak dan dimakan dengan fatta, yakni nasi bersaus tomat. Santapan penutupnya pun berbahan dasar daging, namanya ro’a. Ro’a’ merupakan makanan yang mirip dengan pai daging.

5. Turki, hewan kurban dihias
Perayaan Idul Adha ala Turki, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, yaitu dimulai dengan salat Id yang kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Namun yang lucu, hewan kurban berupa kambing, domba, atau sapi tersebut dihias terlebih dulu menggunakan hena dan pita.

6. Uni Emirat Arab, ‘serba baru’
Momen Idul Adha merupakan waktu bagi warga Uni Emirat Arab untuk memakai pakaian baru. Para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum. Selain itu, tangan anak-anak dan para wanita akan dihias dengan menggunakan henna. Persis seperti orang Indonesia ketika menyambut Lebaran ya, semua serba baru!

7. Bangladesh
Dikutip dari Humanappeal, Iduladha di Bangladesh disebut dengan istilah Kurbanir Eid atau Bakri Eid. Sebulan sebelum perayaan dimulai, berbagai toko kain, pakaian, oleh-oleh, makanan, dan lainnya sudah bersiap untuk menyambut hari raya ini. Biasanya, saat Iduladha, banyak orang Bangladesh yang berbelanja sebelum bertemu dengan kerabat dan sanak-saudara.

8. Pakistan
Masyarakat Pakistan merayakan Iduladha selama 4 hari. Sepanjang perayaan ini, toko-toko disarankan untuk tutup karena orang-orang menghabiskan hari dengan berdoa dan menyembelih hewan kurban, demikian dilaporkan Humanappeal. Seperti di Indonesia, daging hewan korban kemudian dibagi-bagikan kepada saudara, kerabat, teman, atau mereka yang membutuhkan. Perayaan Iduladha di Pakistan juga diramaikan dengan acara kumpul keluarga untuk saling berbagi makanan dan bertukar hadiah.

Ternyata, Idul Adha bukan hanya hari untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail serta mengingatkan umat Muslim untuk saling berbagi, melainkan juga momen untuk berkumpul dan bersuka cita. Seperti 8 negara lain di atas yang memiliki tradisi unik tersendiri untuk merayakan Idul Adha. Seru ya!

(Penulis: Novia Umi Astari/TBI)
Sumber :
https://www.cekaja.com/info/tradisi-unik-idul-adha-di-6-negara-hias-hewan-kurban-salah-satunya/
https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/sejarah-tradisi-unik-perayaan-iduladha-di-luar-negeri-ef2S