UKM Impas Dekatkan Diri Kepada Allah Melalui Seni Musik Hadrah

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ikatan Mahasiswa Pecinta Seni (Impas), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, mengadakan Peningkatan Kompetensi Musik Hadrah dengan mengusung tema Eratkan Ukhuwah, Gapai Syafaat dengan Selawat. Dilakukan secara daring via Zoom Meeting, Sabtu (11-09-2021).

 

Turut hadir Mahrus As’ad, Wakil Rektor III yang sekaligus membuka acara, serta seluruh anggota UKM Impas dari angkatan 2018–2020. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan anggota UKM Impas pada musik islam dan jenis-jenisnya, sejarah, dan nilai gunanya. Selain itu, meningkatkan rasa ingin tahu dan belajar anggota agar dapat mengembangkan musik hadrah di UKM Impas.

 

M. Sandi Kurniawan, Ketua Umum, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan seni harus bermuara pada Allah, “Dengan adanya kegiatan ini harapannya anggota Impas dapat mendekati diri dengan Allah melalui seni,” ungkapnya.

 

Nanang Adi Ramadan, Ketua Pelaksana, mengatakan, agar anggota dapat memiliki kesadaran lebih tenang seni musik hadrah sebagai kesenian Islam, “Seni musik hadrah adalah seni islam yang mulai luntur di era milenial ini. Dapat di kembangkan kembali dengan tidak menghilangkan ideologi musik hadroh itu sendiri,” jelasnya melalui WhatsApp.

 

Riko Prima Sanjaya, salah satu peserta, mengungkapkan, setelah mengikuti kegiatan tersebut ia menjadi lebih tau tentang sejarah hadrah dan praktik memainkannya. Ia juga berharap agar anggota dapat melestarikan seni musik hadrah.

 

“Besar harapan saya bagi pemuda pemudi khususnya di IAIN Metro untuk lebih mengenal dan melestarikan seni musik hadrah supaya tidak tertelan zaman,”imbuhnya.

 

(Reporter/Rani)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0