UKM MAPALA JURAI SIWO (MAJUSI)

MAPALA atau Mahasiswa Pecinta Alam adalah organisasi yang beranggotakan para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kepedulian dan kecintaan dengan alam sekitar dan lingkungan hidup. Kegiatan MAPALA umumnya berkisar di alam terbuka dan menyangkut lingkungan hidup.
Jenis aktivitas meliputi pendakian gunung (mountaineering), pemanjatan (climbing), penelusuran gua (caving), pengarungan arus liar (rafting), penghijauan dan lain sebagainya. Akhir-akhir ini di mana degradasi lingkungan dirasa semakin parah. Maka peran UKM ini sangat penting untuk membantu melestarikan lingkungan.
Tujuan dari organisasi ini mencakup tiga hal yaitu, Pertama, untuk memupuk patriotisme yang sehat di kalangan anggotanya. Ini dapat dicapai dengan hidup di alam dan rakyat kebanyakan. Memang tekad yang mendasari pendirian organisasi ini adalah suatu keyakinan bahwa patriotisme yang sehat tidak mungkin timbul dari slogan-slogan, indoktrinasi-indoktrinasi, ataupun poster-poster. Patriotisme yang sehat hanyalah mungkin dibina atas partisipasi yang aktif dari seseorang melalui hidup di tengah–tengah alam dan rakyat Indonesia pada umumnya. Karena, hal yang mustahil bahwa cinta tanah air dapat timbul melalui jendela-jendela bis atau mobil mewah. Kedua, mendidik para anggota, baik mental maupun fisik. Sebab seorang kader yang baik adalah kader yang sehat jasmani dan rohaninya. Disini juga ditekankan aspek edukasi tanah air secara aktif dari dekat. Ketiga, untuk mencapai semangat gotong royong dan kesadaran sosial.
Dalam mempererat solidaritas sekaligus menyatukan visi-misi serta koordinasi antar MAPALA se-Indonesia, maka UKM ini setiap tahun rutin mangadakan kegiatan besar tingkat Nasional yaitu TWKM (Temu Wicara dan Kenal Medan) untuk tingkatan Universitas dan MKM (Muktamar Kenal Medan) untuk tingkatan PTAIN se-Indonesia.
Adapun kegiatan-kegiatan yang sudah diadakan UKM MAJUSI antara lain, Pra Pendidikan Dasar (Pra-DikSar) Calon Anggota yang dilanjutkan dengan kegiatan Pendidikan Dasar (DikSar) Calon Anggota MAJUSI Taman Nasional Way Kambas. Penghijauan An Happy Camp Bumi Prekemahan (BUMPER) Bantul. Hari Lahir (HARLAH) ke 2. Pendakian masal dan aksi bersih gunung Tanggamus. Peringatan Hari Bumi. Gerakan jum’at bersih. Pelatihan penanggulangan bencana alam. Studi banding dan ekspedisi Taman Nasional Gunung Merapi Yoyakarta-Jawa Tengah.
Selain itu, masih banyak lagi serangkaian kegiatan-kegiatan diluar yang diikuti antara lain, berpartisipasi dalam kegiatan Maharaipal Wall Climbing Competition III se-Sumatera, IAIN Bandar Lampung, Latgab SAR & Orientering WATALA, Bandar Lampung, Ekspedisi TAGANA 1 Gunung Pesagi, Lampung Barat, UBL Climbing Competition II, Univ.Bandar Lampung, Peringatan Hari Lingkungan Dunia, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Bogor Jawa Barat.[]