Upacara Kemerdekaan dihadiri Seluruh Masyarakat Kampus

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, dengan mengusung tema Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia Maju, bertempat di halaman kampus I IAIN Metro, (17/08).Turut hadir Rektor IAIN Metro, Enizar, Wakil Rektor (Warek) I, Suhairi, Warek II, Mukhtar Hadi, Warek III, Ida Umami, Dosen, Pegawai, Mahasiswa Baru, Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK).

Selain untuk memperingati usia kemerdekaan Indonesia yang ke-74, juga sebagai pegingat dan mengingat kembali apa saja yang sudah di lakukan selama 74 tahun pasca kemerdekaan dari belenggu penjajahan.

Mukhtar Hadi, Wakil Rektor II yangĀ  sekaligus menjadi Inspektur upacara menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah anugerah. Kampus sebagai tempat sumber daya ditempatkan dan dipersiapkan harus meningkatkan kapasitas dengan segala sumber daya yang ada.

“Kita lihat banyak negara yang tidak memiliki banyak Sumber Daya Alam (SDA) tapi maju karena sumber daya manusianya,” ujarnya dalam sambutan.

Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia terkenal dengan zamrud khatulistiwa, jika segala sumber dayanya bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat tentu akan membawa kesejahteraan dan kemakmuran. “Itu yang bisa kita petik dari 74 tahun Indonesia merdeka,” imbuhnya.

Hanafi, Mahasiswa baru jurusan Esy mengungkapkan bahwa mengikuti upacara seperti ini sangat penting, karena bisa mengingat perjuangan pahlawan yang sudah gugur.

“Ya, bisa tambah buat semangat nasionalisme. Udah ngisi apa aja di 74 tahun kemerdekaan Indonesia ini,’
tuturnya saat diwawancarai Kronika.

(Reporter/May)