Usai Pandemi, 430 Peserta Ikuti PGM XXIV Secara Luring

Unit kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan Perkemahan Gema Muharam (PGM) XXIV Tingkat Penegak se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Bertempat di Kampus II IAIN Metro, Jumat (23-09-2022).

 

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, 22—25 September 2022. Mengusung tema Menjadi Generasi Tunas Bangsa yang Kritis, Kreatif, Inovatif dalam Menyongsong Pembangunan Ekonomi Nasional,

 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Daerah (Ka. Kwarda) Lampung, Chusnunia Chalim, dan dihadiri oleh Rektor IAIN Metro, Siti Nurjanah, Wakil Retor I, Ida Umami, Wakil Rektor III, Mahrus As’ad, Kepala Dinas Sosial Kota Metro, Rakhmat Zainuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Irianto Marhasan, dan lain-lain.

 

Eva Yustiana, Ketua Pelaksana, mengatakan bahwa PGM merupakan agenda tahunan Racana Radin Inten II dan Putri Kandang Rarang Gugus Depan 08.08.04.401-402. Kegiatan ini ditujukan untuk Gugus Depan SMA/MA/SMK Sederajat Se-Sumbagsel.

 

Total sebanyak 430 peserta dan 45 pendamping dengan spesifikasi setiap Gugus Depan putra 10 dan putri 10. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar pramuka penegak di Sumatera Bagian Selatan. Selain itu menjadi branding Kampus IAIN Metro.

 

Eva berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menarik minat peserta untuk masuk ke Racana Radin Inten II dan Putri Kandang Rarang ketika mereka masuk ke IAIN Metro. “Harapan kami akan banyak anggota yang masuk ke Racana kami,” jelasnya.

 

Ka. Kwarda Lampung, Chusnunia Chalim, mengatakan bahwa gerakan Pramuka merupakan sarana pembentuk karakter generasi penerus bangsa. “Gerakan ini merupakan sarana pembentuk karakter bangsa, oleh karenanya harus diisi dengan kegiatan yang positif sebanyak mungkin,” ungkapnya.

 

Antusias datang dari Fadhillah Nur Arifin, gugus depan MA Darul A’mal, merasa sangat senang mengikuti perkemahan. Ia menanggapi terkait fasilitas yang disediakan. “Tuan rumah sangat baik dari segi penyiapan dan juga terkait kamar mandi,” ujarnya.

 

Sama halnya dengan Cahaya Utami, MA Nurul Islam Tanggamus. Menurutnya, perkemahan ini seru dan mendapatkan banyak teman baru. Melalui PGM ini, ia berharap dapat membawa nama baik sekolahnya. “Kita bisa lebih kompak membawa nama baik sekolah,” ucapnya.

 

Reporter/Abizard/Reza)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0