Berburu Menjelang Lebaran

Hari Raya Idul Fitri banyak memiliki hal spesial, apalagi masyarakat Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar diseluruh nusantara.

Perayaan Idul Fitri memiliki momen penting yang hanya terjadi sekali dalam satu tahun. Keluarga dan sanak saudara akan berkumpul dan bertamu dirumah untuk sekedar bercengkrama dan beramah-tamah. Tenangga, teman, sahabat, kenalan akan bergantian mendatangi rumah untuk bersilaturahmi di hari raya.

Maka, akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bertemu dan menjamu para tamu. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, biasanya sehari sebelum hari raya ada yang namanya perpekan.
Pernah dengar istilah perpekan? Istilah ini memang tidak terdaftar dalam KBBI namun sudah tidak asing ditelinga kita. Perpekan adalah pasar yang buka sehari sebelum hari raya.
Berikut barang-barang yang paling diburu dalam perpekan

1. Busana muslim
Untuk menunjang penampilan pada hari nan suci, baik untuk ibadah maupun bersilaturahmi, busana muslim menjadi buruan utama pengunjung pasar menjelang hari raya.

2. Peralatan Salat
Meski tidak menjamin semua orang beli saat lebaran datang, daya jual peralatan salat di pasar tak bisa disetop. Pasti ada saja orang yang membelinya untuk menunjang ibadah Idul Fitri.

3. Kue Lebaran
Satu jenis baruan ini yang tidak pernah terlewatkan, kue lebaran selalu membuat menarik ruang tamu tiap-tiap rumah. Semua itu untuk menjamu sanak saudara dan kerabat yang datang bersilaturahmi.

4. Sepatu dan Sandal
Kurang afdol rasanya kalau baju baru tidak dibarengi dengan sepatu atau sandal baru.
Sepatu maupun sandal juga laris manis kala lebaran, bahkan banyak diobral di department store maupun pasar tradisional saat menjelang lebaran.

5. Parsel
Tidak terbilang baruan utama, parsel ini biasanya dibeli oleh orang-orang tertentu berbagi THR maupun oleh-oleh untuk sanak saudara yang telah datang dari luar kota misalnya.

6. Jasa Penukaran Uang
Jasa penukaran uang adalah satu-satunya jasa yang bermunculan menjelang lebaran. Hal ini tidak terlepas dari budaya masyarakat berbagi angpau kepada Keponakan dan anak-anak kecil di sekelilingnya.

7. Bunga
Ada dua jenis bunga yang diburu menjelang hari raya. Pertama bunga hias untuk mempercantik rumah dan kedua, bunga yang dipergunakan untuk ziarah ke pemakaman.

8. Minuman
Tidak boleh ketinggalan, aneka minuman seperti air mineral, sirup dan minuman soda adalah teman dekat kue lebaran yang harus ada di meja tamu.

9. Perlengkapan Dapur
Tahun lalu banyak yang membeli blender sebagai alat menyajikan minuman segar bagi tamu yang datang bersilaturahmi.

10. Furnitur dan dekorasi
Set bantal sofa menjadi pilihan utama dalam kategori produk dekorasi untuk mempercantik rumah yang akan dikunjungi sanak saudara maupun tetangga.

(Penulis/Puput)

Sumber:
https://www.brilio.net/life/15-barang-dan-jasa-ini-biasanya-laku-keras-saat-lebaran-tiba-1507145.html

https://tirto.id/produk-yang-paling-dibeli-di-toko-online-selama-ramadan-cqTd